Milenial Harus Tahu, Ini Besaran DP Ideal Saat Beli Rumah dan Syarat DP 0 Rupiah

Andrygmv.net – Down payment atau uang DP rumah jadi pertimbangan utama saat ingin membeli rumah impian.

Tapi sayangnya, masih sedikit masyarakat yang paham jumlah ideal uang DP rumah agar tidak memberatkan angsuran bulanan.

Marketing Manager Dana Syariah, Mohammad Salman Alfarisie mengatakan, jumlah ideal uang DP rumah terbaik, yaitu 30 persen dari total harga rumah.

Sehingga misalnya harga rumah Rp100 juta, maka idealnya uang DP rumah yakni Rp30 juta.

Baca Juga:
Fakultas Pertanian Unhas Kenalkan Sagu Sebagai Pangan Sehat Kaum Milenial

“Ada developer properti yang mensyaratkan DP rumahnya 30 persen. Itu berarti otomatis sudah sepertiganya dari harga rumah,¬†otomatis angsurannya jadi lebih ringan,” ujar Salman dalam acara konferensi pers The Essentials at Daru di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, apabila angsuran rumah lebih ringan, maka biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak terasa berat, dan bisa dialokasikan untuk keperluan lain, seperti menabung biaya pendidikan anak, investasi, dan sebagainya.

Tapi jika 30 persen dirasa terlalu memberatkan, para developer properti memberikan solusi tengah, yaitu uang DP minimal 10 hingga 15 persen dari harga rumah.

“Tapi kalau bicara tengah-tengah, itu 10 sampai 15 persen itu udah cukup,” terang Salman.

Adapula kategori minimal, Dana Syariah tempat yang menaungi Salman tidak mempermasalahkan saat milenial belum sanggup mengeluarkan uang DP rumah, dan tetap bisa mengakomodasi membeli rumah tanpa DP.

Baca Juga:
Cocok Buat Milenial, Rumah Ini Cuma 50 Meter dari Stasiun KRL dan Bisa DP 0 Persen

Namun kata dia, ada syarat dan ketentuan berlaku karena tidak semua pengajuan DP 0 rupiah disetujui, karena akan diseleksi yang ketat.

Salah satunya, memastikan sehatnya keuangan harian pihak yang mengajukan pembelian rumah DP 0 persen.

“Dalam prosesnya kita akan memastikan kondisi sehat dalam sisi keuangannya. Jadi pastikan teman-teman kalau punya utang, itu cicilannya sehat, jangan ngadat-ngadat, itu sangat memungkinkan sekali (beli rumah) tanpa DP,” pungkas Salman.