Meskipun Sulit, Ini Cara Jitu Untuk Menerima Perbedaan Pendapat

Andrygmv.net – Tidak semua orang mudah menerima perbedaan pendapat. Terkadang, perbedaan pendapat justru memicu pertengkaran dan permusuhan yang sulit menemukan kedamaian.

Sehingga pada akhirnya saling menjauh hanya karena perbedaan pendapat. Tapi perlu diingat lagi, bahwa setiap manusia yang hidup memiliki perbedaan masing-masing.

Begitu juga perbedaan pendapat dan perbedaan prinsip, di mana sangat penting untuk menerima dan saling menghargai.

Meski sangat sulit menerima perbedaan pendapat, lalu bagaimana caranya agar tidak memicu pertengkaran? Menjawab pertanyaan tersebut, ini telah diungkap oleh Inner Strenght & Parenting Lia, S.Psi.

Baca Juga:
Konflik Tanah, DPR Minta Pihak Terkait Dihadirkan di Rapat Komisi II

Ilustrasi berdebat (pexels.com) / Yan Krukov
Ilustrasi berdebat (pexels.com) / Yan Krukov

“Perbedaan pendapat seperti toleransi misalnya, kita perlu belajar bagaimana cara menerimanya. Walaupun perbedaan pendapat bikin kita kesel, tapi kita perlu biarin aja meski kita berbeda-beda,” ungkap Lia dalam acara webinar bertema Your Positive Self, Selasa (16/11/2021).

Ketika kekesalan bisa terjadi pada seseorang yang sulit menerima pendapat, kadang bisa menjadikan seseorang berakhir egois. Di mana ketika pendapatnya ingin diterima dan didengarkan, tetapi sebaliknya tidak bisa mendengar dan menerima pendapat orang lain.

Hal ini akan berdampak pada permusuhan, bahkan rasa egoisnya tersebut akan menjadi manusia yang merasa paling benar sendiri. Dan pada akhirnya, seseorang akan sulit menerima sebuah perbedaan.

“Kadang kita mau pendapat kita didengar orang lain, tapi sebaliknya malah nggak diterima dan mau saling mendengar. Karena itu, kita perlu gali untuk menemukan cara dalam menerima perbedaan pendapat,” lanjut Lia.

Selain itu, Lia juga mengungkapkan, dengan perbedaan pendapat tentu seseorang akan menjadi pribadi yang positif. Salah satunya jika seseorang mampu menerima perbedaan dan mau saling menerima pendapat orang lain.

Baca Juga:
Kemendes PDTT Bakal Susun Model Pengawasan Dana Desa

“Dengan menemukan cara menerima perbedaan pendapat, seseorang akan mudah menghadapinya. Tentu dengan cara-cara yang positif,” pungkasnya.