Menyelisik Penjualan Toyota Sienta di RI

Andrygmv.net —

Penjualan Toyota Sienta di Indonesia selama Oktober 2021 cuma sebesar 26 unit. Angka ini anjlok 50 persen dari satu bulan sebelumnya dengan torehan 63 unit.

Kendati jumlah penjualannya mengecil, Toyota-Astra Motor (TAM) masih optimistis terhadap penjualan mobil keluarga berpintu geser ini.

Menurut Direktur Marketing TAM Anton Jimmy perusahaan juga hingga kini belum punya rencana menyudahi penjualan Sienta di Indonesia.

“Penjualan masih dan belum ada rencana setop dijual,” kata Anton melalui pesan singkat, Senin (6/12).

Anton mengatakan produksi Sienta di Indonesia tetap menyesuaikan permintaan dari tiap dealer Toyota di Indonesia.

“Produksi sesuai demand pasar saja,” ujar dia.

Toyota Indonesia saat ini masih meningkatkan penjualan Sienta, termasuk model spesial Welcab. Kedua tipe itu tidak ada perbedaan dari sisi eksterior, melainkan pada interior.

Kendati penjualan mengecil pada Oktober dari September, namun penjualan Sienta pada periode Januari-Oktober 2021 jauh lebih baik dari 12 bulan 2020.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer Sienta selama tahun lalu hanya 393 unit.

Sedangkan pada 10 bulan tahun ini distribusi mobil tersebut sudah mencapai 779 unit.

Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada 2016, Toyota Sienta mesin 1.500 cc 2NR-FE masuk ke segmen kendaraan keluarga dengan karakter Multi Activity Vehicle (MAV) berfitur sliding door guna memudahkan akses keluar masuk penumpang.

Sienta diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]