Mengenal Hobi dan Profesi Streamer Game

Andrygmv.net —

Istilah streamer game beberapa tahun ke belakang ramai terdengar, mulanya sekadar dilakukan sebagai hobi bisa menjadi sebuah profesi untuk ditekuni.

Pasar streaming video game saat ini disebut tengah meningkat, tren kenaikan tidak menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Bahkan menurut proyeksi, pasar streaming video game akan mencapai nilai US$149,34 miliar pada 2026 mendatang.

Definisi streaming sendiri adalah ‘multimedia yang terus-menerus diterima oleh dan disajikan kepada end-user atau pengguna saat dikirimkan oleh penyedia.’ Streaming disebut lebih seperti penyampaian dari sebuah medium, daripada medium itu sendiri.

Dengan definisi tersebut, secara historis radio dan televisi adalah medium utama untuk streaming. Namun dengan adanya adopsi koneksi internet yang cepat membuat Internet dan aplikasi streaming muncul dan menghadirkan live streaming.

Dilansir dari Instreamly, live streaming adalah pengiriman konten melalui Internet secara real-time. Baik itu ke perangkat TV pintar, komputer, tablet, atau ponsel cerdas.

Perkembangan teknologi yang membuat setiap orang bisa menjadi kreator membawa live streaming merambah hampir semua bidang, termasuk pemain game. Live streaming oleh para gamer ini banyak dilakukan di platform Twitch.

Twitch merupakan aspek penting dari sejarah streaming video game. Hal unik dari platform ini adalah para pendirinya memulai perjalanan mereka dalam layanan streaming dengan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Proyek mereka sebelumnya, yang diluncurkan pada 2007 dengan nama Justin.tv lebih mengarah ke platform streaming untuk kepentingan umum. Di sana sebagian besar pengguna mendokumentasikan kehidupan sehari-hari mereka. Dan Twitch adalah spin-off dari Justin.tv, tetapi berfokus pada game.

Layanan tersebut merupakan perkembangan alami dari Let’s Plays dan konten video game non-live lainnya, yang sangat populer di YouTube. Konten ini memungkinkan pemirsa untuk melihat permainan tanpa harus membeli atau memainkannya sendiri.

Maka dari itu, streaming adalah jenis hiburan yang sempurna bagi para penggemar video game yang kekurangan waktu atau uang.

Dari mana keuntungan para streamer game? Simak di halaman berikutnya..


Penghasilan Streamer, Saran untuk Streamer Baru

BACA HALAMAN BERIKUTNYA