Mengenal Black Box Mobil yang Diduga Jadi Petunjuk Penyebab Kecelakaan

Andrygmv.net —

Penyebab kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah masih diselidiki polisi. Terbaru penyidik mengirim benda sejenis black box pada Mitsubishi Pajero Sport yang saat itu ditumpangi ke Jepang untuk dibongkar datanya untuk keperluan penyelidikan.

Asal mula kabar benda semacam black box itu dikirim Jepang dari Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang Ajun Komisaris Rudi Purwanto.

“Dari kotak hitam itu, nanti akan diterangkan mengenai kecepatan, fungsi dalam mobil, air bag, ban nya gimana, titik rem nya gimana, fitur-fitur itu bisa dipakai atau tidak,” ucap Rudi, pada Rabu (17/11).

Dari alat tersebut diharapkan dapat terungkap penyebab spesifik kecelakaan.

Lantas seperti apa kotak hitam yang ada pada mobil?

Black box pada mobil sebetulnya punya nama berbeda dari yang ada di pesawat. Di mobil komponen tersebut bernama Event Data Recorder (EDR).

Hanya saja, EDR pada mobil di Indonesia tidak tersedia, terutama merek Daihatsu sebab mengacu terhadap regulasi. Hal tersebut sempat diurai perwakilan Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dimintai tanggapan mengenai ‘black box’ jauh sebelum kecelakaan Vannesa Angel terjadi.

“Kalau produksi massal setahu saya tidak ada. Kalau equip resmi seperti itu dari pabrik enggak ada karena kami mengacu ke regulasi,” kata Head Product Improvement Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi.

Bambang menjelaskan meski memastikan EDR tidak tersedia pada mobil Daihatsu, perangkat Electronic Control Unit (ECU) mesin punya kemampuan merekam data seperti kecepatan, putaran mesin, pengereman, dan lainnya.

Hanya saja data ini tercatat real time dan tidak punya riwayat rekaman dalam periode tertentu.

Penjelasan dia misalnya terjadi kecelakaan lalu mesin mati maka catatan terakhir ECU mesin bisa diakses. Namun, rekaman sebelum kecelakaan tidak ada sebab fitur rekaman seperti pada EDR tersebut tidak tersedia.

“Kalau khusus [seperti EDR] begitu ya enggak ada, tapi ya kalau ECU itu kan simpan data juga. Agak sedikit berbeda [peran ECU mesin dari EDR], karena EDR itu kan memang mencatat, bisa diambil, dalam periode sekian. Kalau ini kan enggak, real time saja,” kata Bambang.

Bambang bilang data ECU mesin di mobil Daihatsu, pernah diambil untuk keperluan investigasi kecelakaan. Misalnya pada kecelakaan fatal Dul, anak Ahmad Dhani, pada 2013 yang melibatkan Gran Max dan kasus kecelakaan ‘Xenia Maut’ pada 2012 yang dikemudikan Afriyani.

“Misalnya ada kecelakaan kita bisa lihat itu kecepatannya berapa, itu bisa tapi ya saat terakhir saja karena itu bukan rekaman. Enggak ada riwayat,” ungkapnya.

Sementara EDR diketahui memiliki 15 kemampuan sebagai perekam kondisi pada mobil.

– Kekuatan tabrakan depan dan samping
– Durasi insiden kecelakaan
– Posisi pedal gas
– Putaran mesin
– Aplikasi pengereman dan aktivitas ABS
– Sudut kemudi
– Keterlibatan Stability Control
– Sudut putaran mobil, jika terguling
– Jumlah berapa kali mobil pernah dinyalakan
– Keterlibatan sabuk pengaman dan pretensioner
– Status airbag, kecepatan, dan malfungsi
– Keterisian jok penumpang depan
– Ukuran tubuh penumpang
– Jumlah kecelakaan (jumlah tabrakan selama kecelakaan)

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)