Mengenal Arti dan Fungsi Berbagai Singkatan di Kunci Kontak Mobil

Andrygmv.net —

Kunci kontak mobil dengan berbagai simbol dan singkatannya bisa jadi tak selalu diperhatikan pemilik. Namun bisa mengerti satu per satu arti simbol dan fungsinya membuat kita bisa mengenal lebih dekat mobil sendiri atau bahkan terhindar dari kebingungan.

Kunci kontak merupakan bagian dari serangkaian sistem, yaitu penguncian mobil dan juga ignition switch buat menyalakan mesin. Kunci kontak berguna untuk memutuskan dan menghubungkan listrik dalam semua sistem mobil dan buat menghidupkan atau mematikan mesin.

Auto2000 menjelaskan kunci kontak mobil biasanya memiliki tiga atau lebih terminal.

Terminal utama pada kontak adalah terminal B yang dihubungkan ke baterai. Kemudian ada terminal IG/ON yang dihubungkan ke koil pengapian. Terakhir ada terminal ST yang dihubungkan ke selenoid starter.

Selain itu ada terminal nomor empat di dalam sistem kerja kunci kontak, yakni ACC. Terminal ini terhubung langsung dengan beberapa aksesoris mobil yang membutuhkan daya listrik, seperti headunit, lampu-lampu, dan lainnya.

Istilah terminal pada kunci kontak

LOCK

Sesuai namanya, LOCK adalah posisi terminal kunci kontak yang membuat setir mobil tidak bisa diputar. Selain itu, terminal kunci kontak tersebut memiliki fungsi utama, yaitu memutus seluruh daya listrik yang disalurkan ke berbagai perangkat kelistrikan jadi secara garis besar mobil sudah terhitung mati total.

ACC

ACC adalah singkatan dari accessory yang berarti aksesori. Ketika kunci mobil diputar ke posisi terminal ACC maka akan tercipta hubungan baru dari aki/baterai untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai akesori kendaraan.

Pada posisi ini, mesin mobil tidak menyala, tetapi Anda bisa menyalakan aksesori kendaraan misalnya headunit untuk mendengarkan lagu atau radio.




Car interior details close-up. Car key into ignition lockIlustrasi kunci kontak. (iStockphoto/Grigorenko)

IG/ON

Ketika kunci memasuki terminal IG/ON, posisi ini akan membuat aki menghubungkan listrik pada rangkaian mesin mobil. Baterai terminal IG ini bisa mengaktifkan berbagai komponen kendaraan, mulai dari sistem bahan bakar, pengisian, EFI, dan lainnya.

Selain itu, beberapa lampu indikator di dashboard mobil juga menyala, seperti lampu oli, aki, temperatur, hingga check engine.

ST (starter)

Ketika Anda memutar kunci mobil ke arah terminal ST, maka aki/baterai menjadi terhubung dengan motor starter. Kemudian ada gerakan berputar dari motor starter sehingga membuat mesin hidup. Setelah mesin hidup, biasanya posisi kunci mobil akan kembali ke posisi IG/ON.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]