Mengapa Selebriti Terkenal Rentan Terkena Depresi dan Bunuh Diri?

penyanyi cantik yang kini tengah menjalani perawatan medis untuk memulihkan kondisi nya

Penyanyi cantik pelantun ‘Back To You’ kembali mengejutkan publik setelah dilarikan ke rumah sakit karena depresi dan gangguan emosional yang dideritanya. Selena mengumumkan akan rehat di dunia hiburan untuk beberapa waktu kedepan dan akan fokus memulihkan emosi nya yang tidak stabil. Ternyata banyak sekali pesohor terkenal selain Selena yang mengalami depresi bahkan sampai melakukan bunuh diri karena tidak tahan dengan depresi yang sedang terjadi pada dirinya. Kasus bunuh diri bukanlah hal yang menyenangkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa 800.000 ribu orang melakukan bunuh diri setiap tahunnya. Ternyata dari angka tersebut tidak sedikit orang yang bunuh diri terjadi dikalangan artis terkenal baik penyanyi ataupun pekerja seni lainnya. Seperti baru-baru ini penyanyi kim jonghyun, komedian Robin Williams dan vokalis band Linkin Park Chester Bennington melakukan bunuh diri. Ada banyak alasan yang menjadikan selebritis ingin mengakhiri hidupnya, lantas, apa saja sih alasan sebenarnya? Simak dibawah ini.

Depresi merupakan penyebab utamanya keingingan seseorang untuk mengakhiri hidupnya

1. Depresi
Depresi merupakan salah satu penyebab artis bunuh diri. lebih dari 90% kasus bunuh diri diawali dengan mengalami gangguan mental seperti depresi, bipolar dan lain-lain. Artis terkenal terlihat seperti memiliki hidup yang sempurna dan memiliki banyak harta karena hasil dari kerja kerasnya, tetapi hal itu lah yang bisa jadi membuat artis/aktor merasa tertekan dan merasakan kekhawtiran. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Industri hiburan memang terkenal karena persaingan ketatnya yang tidak bisa dipungkuri lagi setiap menit bahkan detiknya selalu memunculkan sosok baru yang lebih tampan dan cantik dan memiliki segudang bakat dan ambisi. Tidak hanya itu, depresi yang diderita oleh artis/aktor bisa jadi karena beberapa masalah pribadi seperti hubungan dengan keluarga ataupun hubungan asmara seperti yang terjadi pada penyanyi cantik Selena Gomez yang diduga mengalami depresi karena mendengar berita dari pernikahan sang mantan kekasih Justin Bieber dengan model cantik Hailey Baldwin.

Alkohol dan narkoba adalah pelarian bagi mereka yang mengalami depresi

2. Alkohol dan Narkoba
Dengan harta yang bergelimang dan kehidupan yang bebas membuat mereka lupa diri dan gampang terpengaruhi oleh minuman keras dan narkoba. Kecanduan akan minuman keras dan narkoba yang berlebih dan dalam jangka waktu yang lama akan memicu risiko depresi dan bunuh diri. Dan kecanduan alkohol dan narkoba dimulai dari depresi, karena depresi berat yang mereka lalui membuat mereka mulai meminum minuman keras dan narkoba untuk menghilangkan segala kepenatan. Padahal dengan mengkonsumsi alkohol dan narkoba gejala depresi akan makin memburuk dan membuat nya bertindak nekat tanpa berpikir panjang dan pemikiran untuk bunuh diri semakin menjadi-jadi setelah dibantu oleh pengaruh alkohol dan narkoba.

Selena Gomez mengalami depresi padahal memiliki banyak sekali penggemar di didunia

3. Toxic Success
Toxic Success atau di Indonesia lebih dikenal dengan kesuksesan yang beracun, Mekipun artis/aktor yang telah sukses terkenal dan bergelimang harta ternyata masih banyak yang terjerat dengan depresi karena sebagian mereka akan memiliki jiwa yang kosong meskipun dengan segala harta dan para penggemar yang memujanya setiap saat. Kekosongan pada jiwa mereka disebabkan karena mereka merasa kehilangan arah, merasa sendiri dan beberapa tekanan yang diberikan misalnya seorang artis/aktor dituntut untuk menjaga image nya dan menyimpan semua kesulitan dalam dirinya agar tidak membuat image nya buruk di publik. Tekanan besar untuk menampilkan hal sesempurna mungkin lama kelamaan akan membuat nya frustasi yang berkembang menjadi depresi yang merupakan awal dari keinginan untuk bunuh diri.

Selebriti terkenal ternyata memang seperti kita, kamu dan kalian yaitu hanya manusia biasa, tekanan yang diberikan dan persaingan ketat di dunia hiburan tidak hanya membuatnya bahagia bahkan sebagian artis/aktor mengaku terjebak oleh profesi/pekerjaan yang membuatnya depresi. Depresi tidak sesedarhana yang kita pikirkan, jika diantara kalian merasa depresi sesegerah pergi berkonsultasi dan melakukan terapi.

About The Author