MediaTek Luncurkan Chipset 4nm, Disebut Saingi Qualcomm

Andrygmv.net —

Produsen chip MediaTek, yang dikenal untuk ponsel kelas mid-range, dilaporkan berencana untuk menantang lini Snapdragon Qualcomm dengan system-on-a-chip (SoC) kelas atas.

Beberapa waktu lalu, Apple resmi merilis chip terbarunya yang dikembangkan sendiri oleh A15 Bionic dengan seri iPhone 13.

Performa chip tersebut dianggap masih yang terbaik di industri smartphone hingga saat ini. Selanjutnya, Google juga merilis chip smartphone pertama yang dikembangkan sendiri, Tensor SoC.

Namun, yang menjadi perhatian bagi sebagian orang adalah produk unggulan generasi berikutnya dari Qualcomm dan MediaTek.

Qualcomm pertama kali mengungkapkan bahwa mereka akan mengadakan konferensi Teknologi Snapdragon terbaru sekitar 1 Desember. Berbagai pihak percaya bahwa penerus Snapdragon 888 akan resmi debut.

Produk baru tersebut sempat dianggap bakal diberi nama Snapdragon 898. Namun, beberapa hari lalu, muncul kabar bahwa Qualcomm memiliki nama baru untuk prosesor andalannya.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Snapdragon 898 akan dinamai Snapdragon 8 gen1.

Selanjutnya, muncul kabar bahwa pesaing Snapdragon 8 gen1, yaitu MediaTek Dimensity 2000 juga akan mengalami perubahan nama. Prosesor itu akan muncul di pasar dengan nama Dimensity 9000.

Alasan pasti untuk penggantian nama chip ini belum diketahui. Meski demikian, nama-nama baru tersebut masih sebatas rumor dan belum ada pernyataan resmi dari kedua perusahaan.

Detail Snapdragon 8 gen1 & Dimensity 9000

Qualcomm Snapdragon 8 gen1 adalah chip Samsung 4nm dengan chip super besar 1 x 3.0GHz X2 + chip besar 3 x 2.5GHz + chip kecil 4 x 1.79GHz. Grafisnya menggunakan GPU Adreno 730.

Dimensity 9000 melalui proses manufaktur 4nm TSMC dengan chip super besar 1 x 3.0GHz X2 + chip besar 3 x 2.85GHz + chip kecil 4 x 1.8GHz. Sedangkangraphics card GPU Mali-G710 MC10.

Chip Snapdragon 8 gen1 dan Dimensity 9000 juga memiliki spesifikasi yang terbilang mirip. Menurut laporan sebelumnya, kedua chip menggunakan proses 4nm. Selain itu, keduanya menggunakan desain tiga cluster 1+3+4 dan mendukung super core X2.

Dikutip Giz China, meskipun keduanya merupakan chip 4nm, umumnya diyakini bahwa proses 4nm TSMC berada di depan Samsung.

Dengan demikian, frekuensi utama tri-core A78 Dimensity 9000 mencapai 2.85GHz, dan frekuensi utama tri-core A78 Snapdragon 8 gen1 hanya 2.5GHz.

Hal itu menunjukkan bahwa kinerja Dimensity 9000 akan lebih kuat dari Snapdragon 8 gen1. Namun, kesenjangan antara dua chip ini masih harus dilihat.

Dikutip Screen Rant, MediaTek Dimensity 9000 dan Qualcomm Snapdragon 8 gen 1 pada dasarnya memiliki arsitektur sama, tetapi mereka memiliki sedikit keunggulan dalam kinerja dan konsumsi daya.

(can/fjr)

[Gambas:Video CNN]