Mau Liburan, Ini 3 Alasan Mengapa Anda Perlu Membeli Asuransi Perjalanan

Andrygmv.net – Akhir tahun identik dengan liburan. Meski, tentu saja liburan kali ini akan terasa berbeda dibandingkan dua tahun sebelumnya, karena ada sederet protokol kesehatan yang harus Anda jalankan. Dan, satu hal lagi yang tak boleh dilupakan saat liburan kali ini, yaitu asuransi perjalanan.

Tentu Anda bertanya-tanya, apakah mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli asuransi perjalanan benar-benar diperlukan? Jawabannya adalah: Ya!

Ingat, liburan kali ini akan terasa berbeda karena kita masih berada di bawah bayang-bayang pandemi, sehinga para wisatawan sangat perlu mempersiapkan perlindungan ekstra.

Perlindungan ekstra ini dapat melindungi Anda dari hal-hal yang tidak dapat diprediksi, seperti kehilangan barang hingga kecelakaan.

Baca Juga:
3 Destinasi Wisata dengan Udara Sejuk di Indonesia dan Inspirasi OOTD Liburan yang Cocok

Manfaat asuransi perjalanan selama ini memang masih jarang dibahas. Padahal, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi ini.

Melansir dari laman Allianz Travel Insurance, inilah 5 keuntungan yang akan Anda dapat dari asuransi perjalanan.

1. Menghindari Anda dari kerugian yang tak terduga
Misalnya saja, Anda telah membeli tiket pesawat serta membayar hotel untuk liburan bersama keluarga. Kemudian, satu hari sebelum keberangkatan, salah satu anggota keluarga jatuh sakit dan liburan dengan sangat terpaksa harus dibatalkan. Lalu, bagaimana nasib tiket pesawat dan hotel yang telah Anda bayar?

Ilustrasi liburan. (Allianz)
Ilustrasi liburan. (Allianz)

Nah, di situasi seperti ini, asuransi perjalanan bisa jadi penyelamat. Jika Anda memiliki asuransi perjalanan dengan manfaat pembatalan perjalanan, Anda bisa mendapatkan penggantian biaya perjalanan prabayar yang tidak dapat dikembalikan jika Anda harus membatalkan karena alasan yang ditanggung.

Alasan yang dijamin dapat mencakup situasi seperti penyakit serius yang ditanggung atau cedera dari orang yang diasuransikan, teman perjalanan atau anggota keluarga; kematian penumpang yang diasuransikan, pendamping perjalanan atau anggota keluarga; bencana alam atau peristiwa lain yang membuat tempat tujuan Anda tidak dapat dihuni; dll.

Baca Juga:
4 Manfaat Miliki Asuransi bagi Fresh Graduate dan Tips agar Tak Salah Pilih Perlindungan

2. Antisipasi keadaan darurat medis di tempat liburan
Keadaan darurat medis bisa terjadi kapan saja, termasuk saat Anda sedang liburan. Entah itu kecelakaan atau sakit. Anda bisa saja menggunakan asuransi kesehatan yang sudah Anda miliki. Tapi, bayangkan jika Anda sedang liburan ke luar negeri, dan asuransi kesehatan Anda tidak mengcover biaya medis di luar negara asal, yang pastinya sangat mahal.