Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan – Rempah Asli Dari Kepulauan Maluku Indonesia – Andrygmv.net

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan – Rempah Asli Dari Kepulauan Maluku Indonesia

Manfaat cengkeh bagi kesehatan

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya cengkeh itu dan apa manfaatnya bagi Anda? Cengkeh adalah kuncup di pohon yang selalu hijau yang tumbuh di iklim tropis. Simbol martabat, itulah arti sebenarnya dari “cengkeh”. Ini adalah kuncup bunga yang belum dibuka yang tumbuh di pohon yang berada di keluarga yang sama dengan jambu biji. Pohon yang menciptakan keajaiban alam diketahui asli dari Kepulauan Maluku Indonesia, juga dikenal sebagai pulau rempah-rempah.

Cengkeh utuh memiliki sejumlah sifat obat kuat yang telah dikenal selama ratusan tahun, sebagian besar berkat penggunaannya yang terus-menerus dalam pengobatan ayurveda. Di daerah beriklim tropis cengkeh telah digunakan sebagai obat untuk semua kondisi berikut: kudis, kolera, malaria, dan TBC.

Berikut adalah sifat penyembuhan utama yang dikaitkan dengan bubuk cengkeh utuh dan minyak esensial cengkeh.

Stimulasi sistem pencernaan. Cengkeh meningkatkan aliran enzim dalam lambung yang dapat membantu mempercepat pencernaan, meningkatkan metabolisme dan meredakan perut kembung. Cengkeh juga secara tradisional digunakan untuk atasi mual dan muntah.

Digunakan sebagai anestesi lokal yang efektif. Minyak cengkeh dan cengkeh telah lama digunakan dalam kedokteran gigi untuk menghilangkan rasa sakit. Ini sebagian besar disebabkan oleh konsentrasi tinggi Eugenol.

Gunakan sebagai antispasmodik. Tapal yang terbuat dari cengkeh dapat mengurangi nyeri otot, kejang, dan kram. Teh yang dibuat dengan cengkeh juga efektif untuk menekan batuk.

Cengkeh adalah antibakteri, antivirus, antijamur dan antiseptik. Ini membuat cengkeh ideal sebagai suplemen peningkat kekebalan tubuh harian.

Cengkeh sangat antiparasit dan dapat membantu menghilangkan berbagai parasit usus.

Cengkeh bertindak sebagai penolak serangga alami.

Bagaimana Cara Menggunakan

Cengkeh utuh bubuk dan diambil secara internal atau digunakan secara eksternal. Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan cengkeh berdasarkan kondisi yang diberikan:

Kolera

Dalam mengobati gejala kolera yang paling parah, rebus sekitar 4 gram cengkeh dalam 3 liter air hingga ½ cairannya menguap. Kemudian minum cairan yang tersisa.

Batuk

Kunyah satu atau dua siung yang dicampur dengan 1/2 sendok teh madu. Atau Anda bisa membuat teh cengkeh dengan mengikuti resep di atas.

Sakit telinga

Rendam cengkeh utuh dalam wijen atau minyak kelapa selama 2-3 jam. Lalu letakkan cengkeh di telinga, berhati-hatilah untuk tidak meletakkannya di dekat gendang telinga.

Kram otot / nyeri

Giling beberapa cengkeh menjadi bubuk halus menggunakan penggiling kopi dan campur dengan 1-2 sendok makan wijen, zaitun atau minyak kelapa. Tempatkan tapal di area yang terkena.

Parasit

Giling cengkeh dan ambil 1 sendok teh setiap hari. Agar obat ini efektif, Anda harus melanjutkannya hingga enam bulan.

Sakit gigi

Giling cengkeh menjadi bubuk dan campur dengan satu sendok teh madu dan kemudian tempatkan di area mulut yang sakit.

Perut Mual atau muntah

Minumlah teh cengkeh dan / atau kunyah 1-2 siung dengan hati-hati. Atau, campurkan 1 sendok teh bubuk cengkeh ke dalam air dan minum.

Meningkatkan kekebalan tubuh setiap hari

Saya menggunakan cengkeh hampir setiap hari dengan mengambil satu kapsul penuh bubuk cengkeh. Itu sekitar 1/2 sendok teh.

About The Author