Manfaat Buah Plum Hitam Untuk Kesehatan Badan Kita

Meskipun buah prem atau buah plum tidak tumbuh di Indonesia, saat ini popularitas buah plum kian diminati masyarakat Indonesia. Buah plum kini bisa dapat ditemui di banyak supermarket bahkan pasar tradisional. Permintaan terhadap buah plum terus meningkat, lantaran memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, buah plum juga dianggap bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Buah plum hitam

Plum hitam telah terbukti kaya akan gizi karena mengandung banyak vitamin A, magnesium, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, mineral dan juga fenol serta beberapa kandungan lainnya.

Buah plum memang jarang ditemukan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena merupakan salah satu buah yang diimpor dari luar negeri. Namun, tidak ada salahnya kita mengetahui apa saja manfaat tersembunya dibalik buah plum hitam ini.

1. Meningkatkan sistem imun
Buah plum hitam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai macam infeksi dan radang.

2. Menjaga kesehatan jantung

buah plum hitam untuk kesehatan
Buah plum hitam juga mengandung vitamin K yang berfungsi untuk mengendalikan atau mengatur denyut jantung serta memperlancar aliran darah. Sehingga baik untuk pencegahan pembekuan darah di dalam tubuh.

3. Melancarkan pencernaan
Buah plum hitam mengandung banyak serat yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan dan memperbaiki sistem pencernaan sehingga dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh.

4. Mencegah penyakit kanker

black plum mencegah segala penyakit
Buah plum hitam mengandung zat antosianin dan fitonutrien yang dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker tetapi tanpa membunuh sel-sel yang sehat di dalam tubuh kita.

5. Mencegah anemia
Kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah plum hitam mampu mencegah penyakit anemia

6. Menjaga kesehatan mata

plum hitam kaya akan vitamin
Buah plum hitam mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga, melindungi, dan meningkatkan kualitas organ mata dalam melihat.

7. Menjaga fungsi otak
Buah plum hitam mengandung kalium yang dapat membantu menjaga fungsi otak. Ini juga akan meningkatkan proses berfikir serta dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

8. Mengurangi resiko diabetes

plum hitam baik untuk kesehatan
Buah plum hitam memiliki sifat anti-hiperglikemik yand dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dari sebuah penelitian yang dilakukan juga dibuktikan jika plum hitam bisa mengurangi kadar glukosa darah dan trigliserida di dalam tubuh. Buah plum hitam juga dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

9. Menjaga kesehatan janin
Buah plum hitam sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung kalsium dan asam folat yang dapat membantu untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan janin.

10. Melindungi dari serangan radikal bebas

plum hitam untuk kesehatan
Buah plum hitam mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

About The Author

Reply