Liburan Ke Pantai? Lakukan 5 Tips Ini Agar Terhindar Dari Kulit Gosong

5 tips yang dilakukan untuk meminimalisir kulit gosong ketika berlibur ke pantai

Libur semester atau cuti kerja merupakan waktu yang paling tepat digunakan untuk berlibut ke pantai. Hembusan angin laut, desiran suara ombak dan butiran pasir adalah sesuatu yang akan membuat kalian melupakan kepenatan dari segala aktivitas. Indonesia memiliki banyak sekali destinasi liburan pantai dari Sabang sampai Merauke. Tetapi para perempuan justru terkadang malas untuk pergi ke pantai mengingat aktivitas yang dilakukan di pantai akan berdampak buruk terhadap kulit seperti menjadi kering dan gosong karena terlalu lama berjemur di paparan sinar matahari.

Meskipun demikian, kalian tidak perlu khawatir lagi dengan keadaan tersebut karena kalian bisa meminimalisir keadaan kulitmu agar tetap sehat, dan tidak gosong meskipun tekena paparan sinar matahari sepanjang hari dengan memastikan kalian membawa peralatan tempur sebelum berangkar liburan ke pantai. berikut adalah beberapa tips dan cara yang bisa kalian lakukan sebelum pergi liburan ke pantai.

pastikan memakai sunblock yang mengandung SPF tinggi untuk meminimalisir kulit gosong

1. Memakai Sunblock dan Pelembab
Menggunakan sunblock dengan SPF tinggi merupakan suatu hal yang wajib dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya kulit rusak atau gosong. SPF 60 adalah kadar SPF minimal yang harus di digunakan untuk melakukan aktifitas seharian dibawah sinar matahari. Oleskan sunblock ke seluruh tubuh 30 menit sebelum keluar ruangan. Tetapi perlu diingat, kalian jangan mengoleskan sunblock hanya sekali karena idealnya, kalian harus mengoleskan sunblock paling tidak satu jam sekali. Pastikan juga kalian memakai pelembab untuk membuat kulit terhidrasi sempurna dan tidak menyebabkan kulit yang kering. Secara umum cara yang benar adalah mengoleskan pelembab sekitar 4 jam sekali terutama jika kalian terkena air pantai.

pastikan juga untuk membawa alat tempur yang dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari secara langsung

2. Persiapkan peralatan aksesoris dan pelindung kepala
Sebelum pergi ke pantai, pastikan kalian menyiapkan alat tempur/ aksesoris yang dapat menunjang untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kulit wajah merupakan bagian paling sensitif diantara bagian-bagian tubuh lainnya, oleh karena itu meskipun kalian sudah mengaplikasikan sunblock dan pelembab, gunakan topi dan kacamata hitam ataupun payung. Selain melindungi kalian dari sinar matahari, aksesoris tersebut juga dapat menunjang panampilanmu.

Untuk menjaga kelembapan kulit minumlah banyak air putih

3. Perbanyak Meminum Air Putih
Air putih memiliki banyak kegunaan, selain menghilangkan dehidrasi karena cuaca yang panas ternyata air putih juga dinilai dapat melembabkan kulit. Ketika liburan ke pantai pastikan kalian mengkonsumsi air putih yang sangat banyak atau sekitar 11 hingga 15 gelas air. Hal ini akan meminimalisir terjadinya kulit yang menggosong.

Mandi setelah bermain air di pantai adalah suatu hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari sisa garam yang akan menyebabkan kulit kering

4. Mandi Setelah Berjemur
Setelah puas bermain-main dan melakukan berbagai aktifitas di pantai, pastikan kalian langsung pergi mandi sampai bersih terutama ketika diantara kalian sudah bermain air karena kandungan air laut yang mengandung garam tinggi bisa merusak kulit dan menyebabkan kulit kering. Dengan bergegas mandi dan membersihkan semuanya secara benar-benar bersih maka air laut di tubuh akan tersapu dengan bersih. Pastikan kalian mandi dengan menggunakan air dingin karena dapat mendinginkan kulit yang telah terkena paparan sinar matahari sepanjang hari. Saat mandi setelah melakukan aktivitas di pantai hindari menggosok badan menggunakan lulur mandi karena hal tersebut justru akan menimbulkan masalah yang lebih serius seperti iritasi pada kulit.

Mengoleskan aftersun gel wajib dilakukan setelah mandi ketika di pantai

5. Oleskan Aftersun Gel
Setelah mandi dan kulit dalam keadaan benar-benar bersih, oleskan aftersun gel yang akan mengembalikan kelembapan pada kulit yang sudah terpapar sinar matahari sepanjang hari. Aftersun gel memiliki bahan dasar lidah buaya yang berfungsi mendinginkan kulit dan mengembalikan kelembapan dan majaga kesejukan kulit. Dengan mengoleskan aftersun gel akan meminimalisir kulit yang terbakar.

Semoga beberapa tips dan cara untuk meminimalisir kulit rusak ketika sedang berlibur di pantai dapat berguna dan membuat kalian tidak perlu merasa takut lagi untuk liburan ke pantai.

About The Author