Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Makanan Kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono X

Andrygmv.net – Wisata Jogja serasa tidak ada habisnya, terlalu banyak hal yang menjadi alasan orang untuk datang kembali ke kota ini. Selain tempat historis yang menarik, kulinernya juga meninggalkan kerinduan untuk menjelajahi setiap sudut Jogja.

Mengunjungi Jogja tidak melulu untuk berburu kuliner mainstream, karena Kota Budaya ini menyimpan berbagai kuliner sehat dan legendaris yang belum banyak diketahui wisatawan.

Empat dari ratusan tujuan wisata di Jogja bisa disinggahi untuk berburu kuliner legendaris dan sehat, yakni Pasar Kotagede, Pasar Pathuk, Sekar Kedhaton, dan Bale Raos.

Empat tujuan wisata ini akan menambah kenangan dan nostalgia masa lalu. Bahkan wisatawan dapat mencicipi sajian yang menjadi favorit Sri Sultan HB VIII untuk menjamu tamu-tamunya dari Eropa.
1. Pasar Kotagede
Pasar Kotagede yang dibangun oleh Panembahan Senopati pada abad ke-16 ini dapat ditemui satu kuliner legendaris dan unik. Adalah Kue Kipo, makanan khas sejak puluhan tahun yang lalu.

Baca Juga:
10 Daftar Wisata Jogja Terbaru yang Lagi Hits, Ada Heha Sky View

Kue dengan perpaduan rasa manis dan gurih ini mungkin sulit ditemui di tempat lain. Bahkan di Pasar Kotagede pengunjung harus datang lebih pagi, karena semakin siang, kue ini akan habis diburu penggemarnya.

Nama Kipo berasal dari penyebutan Iki Opo yang kemudian disingkat menjadi “Kipo.” Sekilas kue sebesar jari itu telihat seperti biji petai. Terbuat dari tepung beras ketan sebagai kulit luarnya dan parutan kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa untuk isiannya.

Selain legendaris, Kue Kipo adalah makanan sehat yang dibuat dari tepung beras ketan berkualitas dan bahan-bahan alami lainnya. Termasuk warna hijau kue ini yang menggunakan pewarna dari daun katu atau daun saju.

Untuk menikmati kue unik ini, para pelancong dapat menuju ke Kios Bu Djito di Pasar Kotagede, Jalan Mondorakan, Kotagede, Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja, lokasi ini dapat ditempuh dengan 15 menit berkendara.

2. Pasar Pathuk
Selain Gudeg, di Jogja ada Jenang Gempol yang bercitarasa manis dengan santan. Jenang Gempol adalah salah satu kuliner yang bisa ditemui di Pasar Pathuk, Jalan Bhayangkara, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

Baca Juga:
Tempat Wisata Jogja Paling Populer Wajib Masuk Daftar Kunjungan ke Yogyakarta

Sejumlah pedagang di pasar yang kental dengan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa ini sudah bertahun-tahun menjajakan Jenang Gempol. Gempol adalah kudapan berbentuk bulat terbuat dari tepung beras dengan rasa cenderung gurih.