Lakukan Ini Agar Kamu Tidak Mudah Terpengaruh Hal Negatif

Setiap manusia pasti memiliki hidup yang berliku dan penuh rintangan. Tidak dipungkiri lagi bahwa setiap orang akan dikelilingi oleh orang-orang yang berbeda watak dan karakternya. Dan diantara mereka pasti kamu akan berhadapan dengan orang yang membawa pengaruh positif atau negatif kepada dirimu.

Kamu pasti senang dengan teman yang membawa dampak positif, tapi jika orang tersebut malah membawa dampak negatif tentunya kamu akan merasa risih dan tidak nyaman.

Terlepas dari apapun masalahnya, keduanya harus dihadapi dengan pemikiran yang dewasa. Agar kamu terhindar dari orang yang membawa pengaruh buruk, cara cerdas ini dapat kamu lakukan jika bertemu dengan orang seperti itu.

1. Abaikan orang yang memberi pengaruh buruk

abaikan orang yang memberi pengaruh buruk
Kamu pasti pernah bertemu dengan orang yang tidak teratur hidupnya, cenderung labil dan tidak memiliki tujuan yang jelas. Kamu harus waspada, jika kamu terlanjur berteman dengan orang seperti itu tentunya kamu akan terbawa oleh pengaruhnya. Kamu menjadi orang yang pemalas dan tidak mau untuk berkembang.
Untuk mencegahnya, kamu lebih baik menghindarinya. Biarkan potensi dalam dirimu berkembang. Jika perlu, berilah pengaruh positif yang dapat membuatnya terpengaruh olehmu.

2. Selalu waspada dengan karakter orang

Selalu waspada dengan karakter orang
Setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda. Usahakan kamu harus bisa melihat karakter orang dengan bijaksana. Ketika kamu melihat hal yang mengganjal dari seseorang, sebaiknya kamu tinggalkan saja orang tersebut. Jangan sampai kamu terjerumus dengan pengaruh buruk yang diberikannya.

3. Jangan ceritakan rahasia tentangmu

Jangan ceritakan rahasia tentangmu
Tidak semua hal bisa kita ceritakan kepada sembarang orang termasuk teman dekatmu sekalipun. Karena manusia itu memiliki sifat hati yang berbolak-balik. Bisa jadi hari ini dia berada dipihakmu, tiba-tiba besok dia akan menjadi serigala berbulu domba.
Lebih baik kamu menutup rapat-rapat rahasia tentang dirimu sendiri jika tidak ingin hal tersebut menjadi bumerang untukmu.

4. Jangan mudah terpancing emosi

Jangan mudah terpancing emosi
Sulit rasanya saat kamu dihadapkan dengan situasi yang mampu membuat emosimu melonjak. Terkadang hal-hal seperti itu tidak dapat kamu hindari dalam hidupmu. Tetaplah berkepala dingin dan jangan sampai mudah terpancing suasana.
Ada baiknya sebelum kamu melihat sebuah situasi, kamu terlebih dahulu harus tahu dulu kebenarannya agar tidak menyesal di kemudian hari.

5. Abaikan orang yang membicarakan hal buruk tentangmu

Abaikan orang yang membicarakan hal buruk tentangmu
Semua orang dianugerahkan mulut untuk berbicara, tapi tidak semua orang mampu menggunakan anugerah itu dengan sebaik-baiknya. Tuhan juga adil, ketika dia menciptakan mulut untuk berbicara dia juga menciptakan telinga untuk kita mendengar. Maka, jika kamu mendengar hal yang buruk tentangmu dari orang lain dan belum terbukti akan kebenarannya, maka abaikan saja. Selama tidak mengganggu hidupmu, tidak usah kamu pedulikan. Karena hal itu percuma saja hanya akan membuang energimu sia-sia.

6. Habiskan waktu dengan teman yang membawa dampak positif

Habiskan waktu dengan teman yang membawa dampak positif
Tuhan itu adil, tidak semua orang dalam hidupmu itu membawa pengaruh buruk kepadamu. Kamu masih memiliki banyak teman dan sahabat yang memberimu dampak yang positif. Bersenang-senanglah dengan mereka, habiskan waktumu dengan mereka yang mau mencapai impian mereka untuk sukses.

7. Bersikap ramah kepada semua orang

Bersikap ramah kepada semua orang
Biasanya orang yang mudah tersenyum akan mudah diterima oleh semua orang. Karena aura yang diberikan adalah baik, maka orang lain akan melihat bahwa kamu adalah orang yang ramah. Jadilah orang yang selalu ramah kapanpun dan dimanapun kamu berada. Sehingga orang akan mau menerima kehadiranmu dengan mudah.

8. Keluarlah dari zona nyaman

Keluarlah dari zona nyaman
Sebenarnya tidak salah jika kamu mau tetap berada dalam zona nyaman. Namun yang perlu diketahui, apa yang menyebabkan zona nyaman itu berbahaya? Karena itu akan membuatmu terlena, tidak mau bekerja keras, tidak adanya peningkatan, dan tidak melakukan hal baru. Sehingga tidak membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik, kuat dan tangguh. Jadi jika kamu mau memperbaiki diri, langkah yang harus dilakukan adalah keluar dari zona nyamanmu.

Ingatlah, apapun yang kamu hadapi dalam hidup pasti semua itu memberkan kita pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya. Selalu berpikir positif dan jadilah orang yang lebih dewasa.

About The Author

Reply