Kulit Kusam dan Berjerawat? Ini Cara Membersihkan Wajah yang Tepat

Andrygmv.net – Memiliki kulit kusam dan berjerawat bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Untuk itu, ketahui cara membersihkan wajah yang tepat berikut ini.

Kulit kusam dan berjerawat disebabkan oleh sel kulit mati yang belum terangkat. Karena itu untuk mendapatkan kulit sehat yang cerah bersinar, harus membersihkan wajah dengan sempurna.

Berikut ini tips membersihkan kulit agar tampak glowing, mengutip siaran pers St. Ives Indonesia, Selasa (7/12/2021).

1. Kenali Sebab Munculnya Sel Kulit Mati

Baca Juga:
Cara Melakukan Double Cleansing Serta Jenis Kulit yang Tidak Dianjurkan Melakukannya

Sebagai siklus hidup alami kulit, setiap harinya kulit melepaskan sekitar satu juta sel kulit yang terus bergerak, hingga mencapai permukaan luar kulit dan membentuk lapisan-lapisan sel mati.

Ilustrasi membersihkan wajah. [Shutterstock]
Ilustrasi membersihkan wajah. [Shutterstock]

Ketika mereka tidak cukup sering terlepas dari kulit, sel-sel kulit mati ini akan berkumpul di folikel rambut pada kulit atau biasa disebut pori-pori, bergabung dengan minyak alami tubuh, dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Hal inilah yang membuat kulit kehilangan kelembapannya, kasar, tidak rata, dan membuat wajah terlihat kusam tak bercahaya.

Faktor lingkungan yang kering atau dingin, serta pertambahan usia juga menjadi faktor yang membuat pengelupasan kulit alami terus melambat.

2. Kenali Penyebab Jerawat, Komedo dan Beruntusan

Baca Juga:
Cegah Kulit Kusam pada Pria, Ini BeberapaTips yang Bisa Dilakukan

Sama halnya dengan sel kulit mati, debu dan kotoran yang menempel pada wajah juga bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat, dengan hadirnya bakteri penyebab jerawat dan menginfeksi kulit wajah.