Kulit Gatal Selama Kehamilan? Ini Solusinya

Kulit gatal sangat kehamilan sangat mengganggu

Gatal selama kehamilan bisa menjadi salah satu gejala yang mungkin tidak Anda duga. Namun, ternyata kulit gatal selama kehamilan cukup umum. Baca terus untuk mengetahui apa yang menyebabkan kondisi menyebalkan ini dan bagaimana mengatasinya.

Apa Penyebab Gatal Selama Kehamilan?
Gatal payudara, puting, perut, pantat, tangan, dan kaki dapat disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan dan juga oleh kulit Anda mengering karena membentang di atas tubuh Anda yang sedang tumbuh. Kabar baiknya adalah rasa gatalnya akan hilang setelah melahirkan. Namun, jika rasa gatal Anda selama kehamilan sangat parah dan tak kunjung sembuh, pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Apa yang Dapat Membantu Meringankan Gatal Saat Kehamilan?
Saat kulit Anda meregang dan mengencang, itu juga menjadi lebih kering, jadi sayangnya gatal saat hamil adalah pengalaman umum bagi banyak wanita hamil. Kiat-kiat ini dapat membantu meredakan ketidaknyamanan ini:

  • Cobalah lotion yang menenangkan (yang tidak mengandung parfum yang mengiritasi), salep vitamin E, mentega coklat, atau balsem seperti lanolin yang dimurnikan.
  • Perawatan seperti lotion calamine atau mandi oatmeal juga dapat membantu. Hindari menaruh lotion calamine langsung ke puting Anda, karena mungkin akan mengering.
  • Jaga kulit Anda tetap sejuk dengan mandi air biasa/dingin. Berada di dalam ruangan berpendingin selama beberapa jam sehari juga dapat mengurangi keluhan. Bila perlu gunakan kompres dingin, namun jangan lebih dari 20 menit.
  • Hindari paparan panas dan lembap yang berlebihan. Bila harus bepergian di luar rumah, gunakan payung atau topi untuk mencegah paparan panas yang berlebihan.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun dan longgar agar menyerap keringat.
  • Tempatkan handuk basah di area gatal untuk membantu meringankan iritasi.
  • Masukan humidifier di kamar tidur Anda untuk membantu mencegah kulit Anda kering.
  • Anda mungkin tergoda untuk melawan sensasi gatal yang menyakitkan dengan menggaruk, tetapi cobalah untuk menghindari ini, karena menggaruk hanya akan membuat kulit Anda tambah gatal. Itu juga bisa membuat area seperti puting Anda lebih lembut, terutama pada trimester ketiga. Jika Anda berencana untuk menyusui, Anda tidak akan ingin membuat puting Anda menjadi lebih sensitif.
  • Bila gatal sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi antihistamin seperti CTM yang aman untuk ibu hamil.

Untuk mengetahui penyebab gatal-gatal Anda secara lebih pasti, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter spesialis kulit. Di samping itu, obat minum dan obat oles untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan dan penggunaannya harus selalu didiskusikan dengan dokter.

About The Author