Kontroversi Karakter Nagini Yang Diperankan Orang Asia Di Film Fantastic Beast 2

Fantastic Beast 2 dan beberapa aktor-aktris terkenal yang memainkan beberapa peran di fantastic beast 2

Kalian pasti ingat kan dengan film Harry Potter yang sekuel filmnya telah berakhir? Harry Potter menjadi salah satu film yang paling dinikmati oleh semua orang. Sekuel terakhirnya yaitu Deathly Hollow telah berakhir 2011 silam. Meskipun sudah berakhir, nyatanya film tersebut masih dinikmati oleh penggemarnya di dunia. Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 25 September 2018, trailer dari Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald akhirnya dirilis. Novelis JK Rowling ternyata benar, ketika itu ia mengatakan film ini akan membuat penggemar Harry Potter tertarik untuk menonton. Di dalam film Fantastic Beast kita akan diajak bernostalgia, dengan kembali melihat  sekolah sihir terkenal yaitu “Hogwarts”. Meskipun  kali ini menurut sang sutradara David Yates, Hogwarts akan ditampilkan pada set waktu yang berbeda dan hanya  akan ditampilkan secara singkat dalam film ini.

Sekolah Hogwarts diperkirakan akan muncul pada adegan flashback saat Newt Scamander masih menjadi satu murid Hogwarts yang akhirnya dikeluarkan lantaran membuat penelitian aneh mengenai makhluk-makhluk sihir yang akan membahayakan kehidupan umat manusia.

Difilm Fantastic Beast 2, kita akan bersnostagia dengan sekolah sihir ternama yaitu Hogwarts

Trailer yang berdurasi 2 menit 37 detik ini menampilkan Albus Dumbledore (Jude Law) dan Gallert Grindelwald (Johnny Deep) ketika masih berstatus murid di Hogwarts. Karakter misterius lain pun ikut muncul seperti Nagini, ular milik Lord Voldemort yang diperankan oleh aktris asia Claudia Kim. Namun berbeda dengan Petter Pattigrew alias Wormtail yang merupakan Animagus. Sama halnya dengan Professor McGonagall yaitu seorang Animagi yang dapat mengubah dirinya menjadi kucing dan bisa berubah jenis kelamin sebagai kucing wanita atau jantan,  Nagini sendiri bukanlah seorang Animagus, ia adalah seorang Meledictus yang akan selalu menjadi ular betina. Hal ini dijelaskan langsung oleh sang penulis J.K. Rowling melalui akun twitter pribadi miliknya.

Trailer yang telah dirilis tersebut langsung mendapat banyak sambutan dari penggemarnya, meskipun tak semua penggemar menyambut trailer ini dengan postif. Penggemar yang tidak puas ini disebabkan oleh sosok Nagini yang diperankan oleh orang Asia tepatnya aktris asal Korea bernama Claudia Kim. Mereka menyayangkan peran Nagini dan berharap tidak diperankan oleh keturunan Asia. Di film Harry Potter sendiri, hewan peliharaan Lord Voldemort ini tidak pernah dideskripsikan bagaimana bentuk aslinya. Penggemar justru merasa kaget ketika melihat wujud asli Nagini adalah seorang perempuan cantik.

Penampilan Claudia Kim di film Fantastic Beast 2 memerankan Nagini

Keputusan J.K Rowling ini, membuat kontroversi, dan menjadi pembahasan terutama di forum online korea, Netter menilai J.K. Rowling Asal-asalan memasukan karakter orang Asia difilmnya. Pemilihan Kim dianggap sebagai rasisme oleh sebagian netter, karena Nagini yang awalnya seorang manusia berubah menjadi ular dan menjadi peliharaan Voldemort.

J.K. Rowling pun menanggapi semua cuitan kekecewaan netter atas pemilihan wanita Asia untuk karakter Nagini. Mekipun demikian, Rowling akan tetap mempertahankan keputusannya, Ia membela diri dengan menyampaikan silsilah Nagini yang sebenarnya berasal dari Indonesia. Penjelasan Rowling tentang Nagini ini berawal dari cuitan salah seorang netter di twitter bernama Jen Moulton yang protes kepada J.K. Rowling, Seperti yang terlihat di cuitannya mengatakan.

Pernyataan J.K Rowling tentang karakter Nagini terinpirasi dari mitologi Indonesia

“Dengar Joanne (Nama asli J.K Rowling), kami mengerti kamu tidak semoat memasukan wakil dari Asia ketika membuat buku Harry Potter, tetapi tiba-tiba membuat karakter Nagini menjadi seorang perempuan asal korea adalah sebuah kesalahan” tulis jen @J_A_Moulton.

Tak lama berselang J.K Rowling kemudian menanggapi cuitan tersebut. Rownling mengatakan sengaja memilih aktris Asia karena terinpirasi oleh budaya dari Indonesia.

” Naga adalah mahluk mistis yang menyerupai seekor ular di mitologi Indonesia, sehingga aku menamainya Nagini. Mereka digambarkan memiliki sayap, kadang-kadang memiliki wujud setengah manusia setengah ular. Indonesia terdiri dari ratusan kelompok etnis, termasuk Jawa, Tionghoa dan Betawa. Semoga harimu menyenangkan” Tulis nya.

Artis Cantik asal Indonesia pernah ditawari memerankan peran Nagini di film Fantastic Beast

Tetapi pernyataan Rowling ini ternyata tidak membuat protes warganet berhenti, sebagian mereka masih merasa kesal dengan keputusan sang penulis. Fakta menarik ini juga sebelumnya telah di ungkapkan oleh aktris cantik, Acha Septriasa di akun instagram pribadinya pada 15 April 2018 silam. Acha memberikan penjelasan mengenai sosok ini terinpirasi oleh ratu ular asal Kalimantan. Dan menariknya Acha Septriasa sendiri pernah ditawari peran tersebut oleh pihak film. Ia pernah mendapat email berupa panggilan casting mengatasnamakan Fiona Weir selaku Casting Director. Kala itu Acha melihat judul filmnya “Voltaire”. Judul itu ternyata hanya sementara, ia dikirimi naskah dialog film dari sebuah portal yang hanya bisa di download dalam dua jam saja.

Setelah melalui beberapa tahap casting dari bulan Februari hingga April, dan pada bulan Juni lah Acha baru diberitahu peran sebenarnya yakni sebagai Nagini. Sayangnya, pada saat itu Acha tengah hamil 7 bulan dan ia melepaskan peran penting tersebut.

Penasaran kan dengan film yang akan membawa kita bernostalgia ini? Namun para penggemar tetap harus bersabar ya, karena Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwals ini baru akan tayang di bioskop pada 16 November 2018.

About The Author

Reply