Kedutan Mata Kiri Atas, Ini Artinya dalam Pandangan Medis dan Primbon Jawa

Andrygmv.net – Pernah mengalami mata tiba-tiba berkedip seolah Anda merasa kaget? Kedutan mata kiri adalah kedipan kelopak mata bagian kiri yang tidak disengaja dan tidak normal. Jika Anda sering mengalaminya, kondisi ini tentu dapat memengaruhi penglihatan Anda. Lalu, kedutan mata kiri atas bisa jadi pertanda apa, ya?

Bagaimana pandangan medis dan Primbon Jawa soal kondisi kedutan mata kiri atas? Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Kedutan Mata?

Mata kedutan bisa tiba-tiba terjadi pada semua orang saat melakukan aktivitas. Mata mendadak berkedut atau berkedip. Kedutan mata atau myokymia adalah kontraksi otot kelopak mata yang tidak disengaja dan berulang yang biasanya memengaruhi kelopak mata bagian bawah atau atas, bukan pada bola matanya.

Baca Juga:
Inilah 3 Pemicu Umum Sakit Kepala Akibat Menatap Layar Komputer, Apa Saja?

Kedutan Mata Kiri Atas, Ini Artinya dalam Pandangan Medis dan Primbon Jawa - 1
Ilustrasi mata kedutan. (shutterstock)

Kedutan dapat terjadi dalam hitungan detik hingga menit, tergantung kondisinya. Kondisi ini memang biasanya tidak serius meskipun mengganggu aktivitas. Ia seolah datang dan pergi tanpa pemicu yang dapat diidentifikasi. Adakalanya, aktivitas listrik pada otak membuat sel saraf mengirim sinyal ke otot dan membuat kejang sekitar mata.

Jadi, apa sebenarnya penyebab mata kedutan? Beberapa orang mengalami kedutan lebih sering saat sedang stres, kurang tidur, minum terlalu banyak kafein, konsumsi alkohol, bekerja di depan layar monitor sepanjang hari, atau alergi debu. Kebiasaan mengenakan lensa kontak juga bisa memicu risiko kekeringan, iritasi, dan kedutan mata.

Menurut Lasik Plus, dalam primbon dan kepercayaan tahayul, arti dari kedutan mata kiri atas mengarah pada tanda bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dalam hidup kita.

Namun, kondisi kedutan mata kiri atas juga bisa dianggap sebagai pertanda baik. Artinya, kebahagiaan akan datang dari harta benda atau bertemu saudara atau seseorang yang dicintai dan lama berpisah.

Walau begitu, menurut pandangan medis dan sains, kondisi kedutan mata ini bisa dijelaskan secara ilmiah dan lebih mendasar.

Baca Juga:
4 Weton Paling Disegani, Berwibawa dan Mengayomi tapi Kadang Emosian

Ilustrasi perempuan bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi perempuan bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara Mengatasi Kedutan Mata

Jika mata sedang berkedut, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengurangi gejala kedutan mata yang membuat tak nyaman:

  1. Mengurangi konsumsi kafein
  2. Tidur yang cukup dan berkualitas
  3. Mengelola stres dengan baik
  4. Mengurangi sumber iritasi mata, seperti menggunakan obat tetes mata
  5. Menggunakan kacamata hitam saat dibutuhkan
  6. Menjaga kebersihan lensa kontak tetap bersih dan lembap
  7. Diet makanan sehat dan suplemen nutrisi yang dibutuhkan untuk penglihatan sehat

Jika kondisi kedutan mata tidak hilang dalam beberapa hari dan semakin mengganggu, segera konsultasi dengan dokter mata masing-masing. Dokter akan memeriksa mata secara komprehensif untuk mengatasi gejala kedutan mata kiri atas ini. Misalnya, mata lebih peka cahaya atau kejang mata melibatkan otot-otot wajah.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi