Jenis-Jenis Burung Terlengkap, Ada yang Tak Bisa Terbang hingga Terancam Punah

Andrygmv.net – Burung merupakan jenis hewan yang ada di kelas Aves. Total ada sekitar 10.000 spesies burung yang terbagi dalam 252 famili. Ukuran maupun jenis-jenis burung beragam, mulai dari burung kolibri lebah kecil hingga burung unta biasa yang menjulang tinggi dan beratnya lebih dari manusia.

Contoh berbagai jenis-jenis burung termasuk burung yang bertengger, seperti burung pipit dan kutilang; burung besar yang tidak bisa terbang seperti burung unta; raptor seperti elang; burung laut seperti camar; unggas air seperti bebek dan angsa; dan spesialis seperti flamingo, penguin, burung pelatuk, dan burung hantu.

Dilansir dari activewild, Selasa (30/11/2021), berikut ini adalah daftar kumpulan jenis-jenis burung yang perlu diketahui.

1. Albatros

Baca Juga:
5 Kelompok Hewan yang Bernapas dengan Paru-paru

Ordo: Procellariiformes

Keluarga: Diomedeidae

Albatros adalah burung besar yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut. Albatros adalah salah satu burung terbang terbesar di dunia.

The albatros wandering memiliki lebar sayap terpanjang rata-rata sekitar 3 m (9 kaki 10 inci). Burung ini dikenal karena menempuh jarak yang sangat jauh; bahkan beberapa mengelilingi Samudra Selatan tiga kali dalam satu tahun.

Sayangnya, dari 21 spesies albatros banyak yang terancam punah. Salah satu ancaman terbesar bagi elang laut ini adalah penangkapan ikan dengan tali panjang. Burung-burung itu mengambil umpan yang ditujukan untuk ikan, tersangkut di kail dan kemudian tenggelam.

Baca Juga:
5 Jenis Burung Kenari dengan Bentuk dan Warna yang Unik

Seekor burung cenderawasih sedang bertengger di atas dahan pohon. [Shutterstock]
Seekor burung cenderawasih sedang bertengger di atas dahan pohon. [Shutterstock]

2. Burung Cendrawasih

Ordo : Passeriformes

Keluarga: Paradisaeidae

Burung cenderawasih terkenal memiliki bulu yang rumit dan berwarna cerah dari banyak pejantan. Ada 42 spesies dalam keluarga burung cendrawasih, Paradisaeidae. Mereka ditemukan di Indonesia bagian timur, Papua Nugini, dan Australia.

3. Burung Pemangsa

Ordo: Accipitriformes

Keluarga: Accipitridae

Anggota keluarga Accipitridae juga dikenal sebagai “burung pemangsa”, atau “raptor”. Keluarga berisi elang, hawks, kites, harriers dan Old WOrld vultures.

Accipitridae menggunakan cakar mereka yang kuat untuk menyerang mangsanya. Karakteristik lainnya adalah paruh bengkok dan penglihatan yang sangat baik dan digunakan untuk mencari mangsa saat jenis burung ini membumbung tinggi di langit.

4. Burung Kasuari

Ordo: Casuariiformes

Genus: Casuarius

Kasuari adalah burung besar yang tidak bisa terbang dengan bulu hitam, leher berwarna cerah dan botak, dan struktur tulang di atas kepala mereka yang dikenal sebagai casques. Casque dapat membantu kasuari untuk memperkuat suaranya.

Ada tiga spesies kasuari, yakni kasuari selatan, kasuari utara, dan kasuari kerdil. Ketiga spesies tersebut ditemukan di New Guinea; kasuari selatan (spesies terbesar dan paling umum) juga ditemukan di Australia. Kasuari kerdil (kasuari terkecil) mencapai ketinggian hingga 4,92 kaki / 1,5 m.

Ilustrasi angsa. (Pexels/Anthony)
Ilustrasi angsa. (Pexels/Anthony)

5. Bebek dan Angsa

Ordo: Anseriformes

Keluarga: Anatidae

Famili Anatidae terdiri dari 146 hingga 160 spesies. Keluarga ini berisi beberapa kelompok burung air yang terkenal, termasuk bebek dan angsa. Kebanyakan anatid memiliki leher dan kaki panjang yang diletakkan di belakang tubuh untuk berenang. Bebek jantan dan betina sering terlihat sangat berbeda, dengan jantan umumnya memiliki bulu yang berwarna-warni, terutama selama musim kawin.

Banyak anatid memulai migrasi panjang dari dan menuju tempat berkembang biak mereka. Anatid terbesar adalah trumpeter swan atau angsa terompet. Ini adalah burung Amerika Utara terberat, dan memiliki lebar sayap sekitar 3 m (10 kaki).

6. Elang

Ordo: Accipitriformes

Keluarga: Accipitridae

Elang adalah burung pemangsa besar yang termasuk dalam famili Accipitridae, bersama dengan burung seperti elang dan Old WOrld Vultures. Elang ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

Ada sekitar 60 spesies elang. Mereka sering dibagi menjadi empat jenis utama: fish eagles (termasuk white-tailed eagles dan bald eagles), booted eagles (termasuk golden eagles dan booted eagles), snake eagles (termasuk crested serpent eagle dan Philippines eagle) dan harpy eagles (termasuk harpy dan crested eagle).

Dipersenjatai dengan kuat, paruh bengkok dan cakar besar, elang dikenal memangsa hewan yang lebih besar dari diri mereka sendiri, dan dapat terbang dengan menggenggam mangsa di cakar mereka.

Burung Elang  [shutterstock]
Burung Elang [shutterstock]

7. Burung Buruan

Ordo: Galliformes

Keluarga: Phasianidae

Anggota famili Phasianidae dikenal sebagai burung buruan. Keluarga termasuk burung seperti burung pegar/pheasants, ayam hutan/partridges, dan old world quail/puyuh. Sebagian besar spesies dalam keluarga ditemukan di Eropa, Afrika dan Asia).

Burung buruan biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya di darat, hanya terbang jika diperlukan, misalnya untuk menghindari pemangsa.

Beberapa burung buruan berwarna cerah. Salah satu spesies paling mencolok adalah burung merak yang dikenal dengan bulu ekor jantan yang sangat berpola. Burung buruan seperti burung pegar telah diperkenalkan di banyak bagian dunia untuk tujuan berburu dan makanan.

Itulah tadi penjelasan tentang jenis-jenis burung yang menarik diketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi