Jangan Panik! Begini Cara Atasi Kebakaran pada Tabung Gas LPG

Andrygmv.net – Gas LPG merupakan salah satu hal penting yang hampir selalu ada di setiap dapur. Digunakan untuk memasak, gas LPG perlu perhatian khusus agar tak menyebabkan ledakan atau kebakaran.

Saat terjadi kebakaran pada tabung gas LPG, ada baiknya untuk tidak buru-buru panik. Anda bisa melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi kebakaran pada tabung gas LPG.

Akun TikTok @tamsildanuarta membagikan cara mengatasi kebakaran pada tabung gas LPG. Petugas pemadam kebakaran Kota Makassar ini mengimbau untuk tetap tenang dan melakukan tips yang ia berikan.

Andrygmv.net merangkum cara mengatasi kebakaran pada tabung gas LPG berdasarkan kebocoran yang terjadi. Yuk, kita simak.

Baca Juga:
Kebakaran di Kampung Melayu, 13 Unit Damkar Dikerahkan, Kerugian Rp 600 Juta

Cara mengatasi kebakaran pada gas LPG (TikTok @tamsildanuarta)
Cara mengatasi kebakaran pada gas LPG (TikTok @tamsildanuarta)

1. Kebocoran pada selang regulator

Pada kejadian ini api akan menyala pada bagian selang yang terpasang pada regulator gas. Tetaplah tenang dan cukup lepaskan regulator pada tabung gas dengan segera. Api yang menyala pada selang akan mati ketika regulator berhasil dilepas.

2. Kebakaran pada regulator

Melihat api membumbung tepat di atas tabung gas LPG tak dipungkiri bisa membuat panik. Namun, ingatlah untuk tetap tenang karena hal ini juga bisa diatasi. Ambil kain yang cukup lebar kemudian basahi.

Segera tutup api di atas tabung gas dengan kain basah dengan cara dililitkan. Setelah api padam, lepaskan regulator dari tabung gas.

Menutup api dengan kain basah juga bisa dilakukan untuk menangani panci atau penggorengan yang terbakar di atas kompor. Pastikan pegangan penggorengan tertutup dengan kain basah sebelum mengangkatnya agar tangan tetap aman.

Baca Juga:
Mobil Pemadam Kebakaran Rusak, Anggota DPRD Minta Petugas Parkir di Kantor Bupati Muna

Untuk memadamkan api lebih cepat dan aman, Anda bisa menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Saat api sudah terlanjur membumbung tinggi, segera hubungi Pemadam Kebakaran di nomor 113.

Itulah cara mengatasi kebakaran pada tabung gas LPG. Ingat, saat terjadi kebakaran diusahakan untuk tetap tenang dan segera mengatasi hal tersebut ya.