Jadi Andalan Kuliner Indonesia, Ini Langkah-Langkah Daur Ulang Kemasan Karton Santan

Andrygmv.net – Aktivitas mendaur ulang sampah di rumah kini makin gencar dilakukan. Salah satu jenis sampah yang perlu daur ulang adalah kemasan karton makanan dan minuman.

Contoh kemasan karton yang sering ditemukan di dapur adalah kemasan karton untuk santan. Wajar, santan merupakan salah satu bahan masakan yang banyak ditemukan di kuliner Indonesia.

Belum lama ini, SIG Combibloc Indonesia dan santan KARA merilis kampanye untuk daur ulang santan kemasan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendorong sustainability.

SIG sendiri merupakan perusahaan produsen karton kemasan yang berfokus pada sustainability. Sementara, santan KARA juga memiliki misi sustainability sebagai penyedia santan dalam kemasan.

Baca Juga:
Pelabelan Lolos Uji Aman Kemasan Pangan Resahkan Konsumen dan Rusak Iklim Investasi

Pada kampanye kali ini, SIG x KARA mengambil tema #PilahBilasLipat yang merujuk pada proses mengumpulkan sampah kemasan karton sebelum didaur ulang.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat tentang cara hidup lebih ramah lingkungan dengan melakukan hal sederhana di rumah,” ungkap Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines untuk PT SIG Combibloc Indonesia, Kamis (11/11/2021).

Kerja Sama KARA x SIG untuk Daur Ulang Kemasan Karton Santan Lewat Kampanye #PilahBilasLipat [tangkap layar Zoom]
Kerja Sama KARA x SIG untuk Daur Ulang Kemasan Karton Santan Lewat Kampanye #PilahBilasLipat [tangkap layar Zoom]

Sementara menurut Martin Jimi, Commercial Director, PT KARA Santan Pertama, kolaborasi ini dilakukan karena banyaknya orang yang menghabiskan waktu untuk memasak di rumah selama pandemi.

“Kita ingin mengangkat bahwa ibu-ibu (atau siapa pun) yang memasak di rumah sebagai pahlawan,” ungkap Martin Jimi.

Sebelumnya, KARA sudah mengadakan lomba masak online bertajuk KARA Cook From Home. Selain itu, kini santan KARA ingin mengajak konsumen melakukan proses daur ulang.

Baca Juga:
Beli Ayam Goreng Viral di TikTok, Syok Lihat Kemasannya: Edisi Kardus Hajatan

“Setelah menggunakan santan, karton dipilah, dibilas, dilipat. Kemasan juga lebih mudah dikumpulkan untuk didaur ulang menjadi produk lain,” lanjut Martin Jimi menjelaskan.

Selain itu, progam daur ulang ini juga bisa menjadi cara untuk mengisi waktu luang bersama anak di rumah.

“Ibu juga bisa mengajak anak untuk menunjukkan bahwa sebagai konsumen, kita harus bisa melakukan tindakan untuk menyelamatkan bumi.”

Kerja Sama KARA x SIG untuk Daur Ulang Kemasan Karton Santan Lewat Kampanye #PilahBilasLipat [tangkap layar Zoom]
Kerja Sama KARA x SIG untuk Daur Ulang Kemasan Karton Santan Lewat Kampanye #PilahBilasLipat [tangkap layar Zoom]

Untuk mengikuti kampanye #PilahBilasLipat ini, Anda bisa mengecek akun instagram SIG di @sig.idwaybeyondgood.

Konsumen santan KARA cukup membuat video IG reels yang menampilkan kegiatan memilah, membilas, dan melipat kemasan karton KARA Santan 200 ml.

Selain itu, pastikan logo SIG yang terletak di bawah kemasan terlihat dalam video. Peserta juga perlu menyertakan caption menarik, tag tiga orang teman, dan menyertakan hashtag #PilahBilasLipat serta #SIGxKara.

Kampanye ini sendiri akan ditutup pada 5 Desember 2021 nanti. Sementara, pemenang berkesempatan mendapat hadiah uang.

“Siapa pun yang memasak di dapur, baik untuk sendiri maupun keluarga, mari kita sukseskan kampanye Pilah Bilas Lipat. Tindakan ini akan memberikan kontribusi ke sustainability,” tambah Martin Jimi.

“Bumi sudah memberikan banyak kebaikan, santan sudah memberikan banyak masakan enak, saatnya mengembalikan kebaikan itu dengan melakukan tindakan sustainability,” tutupnya.