Iniloh Kerugian Untuk Kamu Yang Suka Bergosip

Berawal dari obrolan ringan tentang masalah kehidupan, biasanya seiring dengan berjalannya waktu topik tersebut berubah ke arah yang tak berujung, yaitu bergosip. Entah itu masalah pribadi, masalah orang, hingga kehidupan para artis rasanya sedap sekali saat di obrolkan saat bersama.

Meskipun kita merasa seru saat bergosip, ternyata banyak sekali dampak buruk yang siap menghantui diri. Tidak percaya? Berikut 7 kerugian yang akan didapatkan kalau kamu suka bergosip.

1. Merusak citra diri

gosip merusak citra diri

Saat kamu asik bergosip secara tidak sadar kamu sedang meruntuhkan citra dirimu sendiri. Semua bisa terjadi karena membicarakan orang lain atau hal-hal yang tidak baik justru mencerminkan bahwa dirimu juga tidak baik. Dari sekian banyak topik yang ada untuk dibicarakan bersama, mengapa harus ‘julid’ dengan urusan orang lain? Itu semua tergantung pada seberapa besar kualitas dirimu sendiri.

2. Membuang waktu yang berharga

gosip membuang waktu yang berharga

Menghakimi dan menilai orang lain itu sangatlah mudah. Berkomentar sadis tanpa berpikir panjang juga jadi salah satu dari kebiasaan masyarakat saat ini. Membiarkan waktu terbuang sia-sia hanya untuk meributkan hal yang sebenarnya tidak ada gunanya bagi hidup kita. Lebih baik kita memikirkan urusan sendiri dan melakukan kegiatan yang lebih penting, dari pada sibuk mengurusi urusan orang lain.

3. Sulit untuk merasa hidup tenang

sulit merasa hidup tenang

Meski dianggap sebagai kegiatan yang biasa, mulai sekarang kamu harus mulai sadar bahwa bergosip itu bukan kegiatan yang biasa. Kegiatan ini malah merujuk pada suatu hal yang sangat buruk jika dilakukan terus menerus.
Mengusik dan memperbincangkan hal-hal yang semestinya bersifat pribadi akan membuat hidupmu sangat terganggu. Pikiran kita akan bercabang dan memikirkan sesuatu yang sepatuhnya tidak dipikirkan. Kalau sudah seperti ini hidupmu akan sulit merasa tenang.

4. Berpeluang besar terkena imbasnya

terkena imbasnya dari bergosip

Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita petik di kemudian hari. Seperti itulah maksud dari terkena imbasnya sendiri dari sebuah kebiasaan bergosip. Beberapa kejadian yang mungkin terjadi seperti suatu saat kamu bisa saja akan menjadi subjek dalam topik yang orang lain perbincangkan. Atau yang lebih buruknya lagi kamu mengalami hal yang sama, seperti orang yang pernah kamu gosipkan dahulu.

5. Terbayang perasaan bersalah

merasa bersalah

Sebagai manusia yang telah terlahir dengan hati nurani, pasti terdapat hati kecil yang selalu membisikkan kebaikan. Bergosip kadang membuat kita melupakan suara hati tersebut, sehingga akhirnya setelah pembicaraan dan pertemuan berusai kamu baru bisa kembali mendengat suaranya lalu menyesali kata-kata yang telah terucap dari bibirmu sebelumnya.

6.Tidak disukai orang

kerugian gosip tidak disukai orang

Manusia memiliki perasaan yang sangat mudah berubah-ubah. Mereka yang tadinya ikut bergosip bisa saja berpura-pura menyukai kalian demi lingkup pertemanan, padahal dalam hatinya mereka sangat tidak suka dengan cara bicaramu saat membicarakan orang lain. Bukan itu saja, orang awam yang tidak mengenalmu juga akan memandang negatif saat tahu dengan kebiasaanmu yang satu ini.

7. Dosa

dosa

Yang terakhir adalah urusan dengan Sang Maha Pencipta. Pada dasarnya membicarakan keburukan atau hal-hal lainnya yang tidak baik memang dilarang baik agama maupun norma. Jadi sebaiknya kamu harus memilih dengan bijak tentang apa yang kamu lakukan agar tidak berakibat buruk bagi dirimu sendiri.

Perkembangan zaman membuat kebiasaan dan budaya kita yang baik kian hari kian terkikis. Mari kita sadar diri dan terus pertahankan budaya Indonesia yang terkenal denfan budi pekerti yang baik.

About The Author

Reply