Inilah Pemeran Karakter Joker Dari Masa Ke Masa

Joker merupakan karakter penjahat atau salah satu tokoh antagonis yang paling dicintai dan banyak sekali fansnya baik tokoh komiknya maupun karakter di filmnya. Sosok Joker merupakan musuh bebuyutan dari Batman yang memiliki gaya nyentrik dengan riasan seperti badut dan memiliki warna rambut hijau. Untuk bisa mendapatkan peran Joker yang seorang psikopat gila, seorang aktor yang memerankan pun harus lah kerja keras untuk berhasil menggambarkan kegilaannya.

Sejauh ini, film Batman sudah beberapa kali dibuat remakenya oleh sutradara dan aktor yang berbeda-beda. Begitu pula dengan karakter antagonis satu ini, setiap masa penampilan joker selalu berubah. Jika baru-baru ini peran joker di film terbarunya akan di perankan oleh Joaquin Phoenix. Nah berikut ini ada 4 aktor yang sukses memerankan sosok psikopat satu ini. Penasaran kan siapa saja ?

Cesar romero merupakan pemeran karakter joker pertama pada tahun 1966

1. Cesar Romero (1966-1968)
Cesar Romero sukses memerankan karakter Joker untuk pertama kalinya di acara televisa Batman yang pertama kali disiarkan pada tahun 1966 ini. Cesar Romero lah yang pertama kali menciptakan dan mempraktekan Joker yang selalu tertawa khas ala Joker. Joker digambarkan sebagai seorang pencuri yang selalu meninggalkan petunjuk berupa lelucon disetiap aksi kejahatannya. Cesar Romero menggunakan cat putih ke seluruh wajahnya dengan begitu tebal karena dia benar enggan mencukur kumisnya. Joker versi Cesar Romero ini pertama kali muncul di episode “The Joker Is Wild” saat itu Joker sedang melarikan diri dari penjara. ia melakukan 22 penampilannya selama pertunjukannya berlangsung dan penampilan terakhirnya di episode ke 1968 ” The Joker Flying Saucer”. Episode ini menampilkan Joker yang meluncurkan sebuah rumor mengenai invasi dari luar angkasa.

Jack Nicholson memerenkan tokoh Joker secara baik dengan memiliki suara khas ala joker

2. Jack Nicholson (1989)
Setelah kesuksesan Cesar Romero di serial Batman sebelumnya, hingga akhirnya pada tahun 1989 Batman kembali ke layar lebar dimana kali ini tokoh Joker diperankan oleh Jack Nicholson. Joker di film ini masih mengandalkan beberapa ciri khas Joker pada era Cesar Romero yang memang telah teruji dan dicintai. Sebelum menjadi Joker, Jack Napier adalah seorang yang dipercayai oleh bos mafia bernama Carl Grissom. Ketika sedang terjadi antaranya dengan Batman, wajah Napier terluka karena pantulan peluru yang menyebabkannya masuk ke dalam tangki berisi limbah kimiawi itu, karena itulah yang menyebabkan dirinya memiliki warna rambut hijau dan kulit nya menjadi putih. Joker versi dari Jack Nicholson memiliki selera humor yang baik sehingga hal itu membuat nya gampang menyembunyikan fakta mengerikan dibalik rencana kejahatannya. Joker Jack Nicholson benar-benar sadis dan selalu membunuh siapapun meskipun tanpa alasan. Meskipun Akting Jack Nicholson memukai di filmnya dan banyak mencuri perhatian penontinnya, ia tidak pernah kembali memerankan peran Joker nya lagi. Sempat dikabarkan akan bermain lagi Batman: Unchained, ternyata film ini dibatalkan produksi nya karena film Batman & Robin tidak meraup kesuksesan di layar lebar.

Heath Ledger merupakan pemeran joker terbaik bermain pada tahun 2008 di film the dark knight

3. Heath Ledger (2008)
Akhirnya, Inilah dia pemeran Joker terbaik dari yang bermain di The Dark Night garapan Christopher Nolan. Akting Heath Ledger memerankan Joker banyak mendulang komentar positif dari sejumlah kritikus film. Joker versi Heath Ledger dikenal memiliki sifat yang anarkis, gila, sakit jiwa, sadis dan maniak tetapi paling mengesankan bagi penggemarnya. Penampilan joker kembali dengan warna ciri khasnya yang dipenuhi oleh cat putih di seluruh wajahnya, lipstik merah di bibirnya yang dibuat seakan-akan untuk menutupi bekas luka yang ada di mulutnya dan rambut hijau berantakan khas joker. Ledger berhasil memerankan joker dengan menciptakan sendiri gerak-gerik dan cara berbicara yang khas ala joker. Ledger banyak menerima penghargaan karena totalitas akting nya sebagai joker. Ia mendapat penghargaan kategori “Best Supporting Actor” di Oscar. Sayangnya, beberapa hari setelah menyelesaikan filmnya Heath Ledger ditemukan meninggal dunia akibat overdosis obat-obatan.

Jared Leto memerankan tokoh Joker di film Suicide Squad

4. Jared Leto (2016)
Joker kali ini terbilang masih fresh, mengingat film nya ‘Suicide Squad’ baru saja ditayangkan beberapa waktu silam. Jared leto yang merupakan vokalis dari 30 Second to Mars memerankan joker dengan ciri khas yang berbeda dari joker sebelum-belumnya. Penampilan Joker versi Jared dibuat modern dengan badan penuh tato dan rambut hijaunya. Penampilan Jared sebagai Joker menjadi antusias para penggemarnya dan diharapkan dapat berdiri sejajar dengan akting dari Heath Ledger. Meskipun demikian ternyata joker versi jared belum bisa menyaingi akting dari Heath Ledger. Sebenarnya Jared disebut cukup berhasil membawakan peran The Joker tetapi sang sutradara David Ayer banyak memotong durasi penampilan Jared leto. Hal ini membuatnya hanya memiliki peran yang sedikit sehingga kurang meninggalkan kesan yang memukau

Nah, itulah beberapa pemeran Joker dari masa ke masa. Jadi bagaimana pendapatmu, Siapa Joker terbaik yang paling cocok memerankan seorang Joker?

About The Author