Inilah Gejala Penyakit Kaki Gajah, Penyebab dan Pengobatan

Penyebab gejala dan pencegahan penyakit kaki gajah

Penyakit kaki gajah adalah masalah medis umum yang menyebabkan jaringan di bawah tubuh di kedua jenis kelamin yang menebal dan menyebabkan mereka terlihat seperti tungkai gajah. Dalam kasus-kasus pria, kaki gajah bahkan dapat mempengaruhi skrotum dan membuatnya seukuran bola softball.

Penyebab Kaki Gajah

Kaki Gajah disebabkan karena parasit cacing seperti brugia timori dan lainnya yang ditularkan oleh nyamuk. Meskipun ini adalah cacing yang bertanggung jawab untuk penularan kaki gajah, alasan sebenarnya cukup kompleks dan tergantung pada berbagai aspek seperti respon imun.

Cacing dewasa hanya dapat hidup di sistem limfatik manusia dan karena itu menghalangi pembuluh limfatik. Obstruksi ini menciptakan pembengkakan di batang tubuh dan juga di kaki dan alat kelamin. Penelitian medis belum menemukan apakah pembengkakan disebabkan oleh parasit atau karena respon sistem kekebalan terhadap parasit.

Parasit ini banyak ditemukan di negara-negara seperti Kenya, Rwanda, Sudan, Mesir, Ethiopia dan Uganda. Dari ini, Ethiopia adalah yang paling terpengaruh dengan lebih dari enam persen penduduk yang tinggal di daerah endemik terpengaruh.

Perawatan Kaki Gajah

Perawatan untuk penyakit kaki gajah tergantung pada lokasi geografis penderita. Untuk orang-orang yang tinggal di sub Sahara Afrika, digunakan obat albendazole dan ivermectin. Di tempat lain, seseorang dapat menggunakan diethylcarbamazine bersama dengan albendazole. Ilmu kedokteran sedang memerangi kaki gajah setiap hari, dan penelitian menunjukkan bahwa kaki gajah dapat sepenuhnya diberantas pada tahun 2020.

Penyakit kaki gajah juga dapat mempengaruhi organ kelamin pria dan wanita. Pada laki-laki, skrotum dapat membesar dan organ laki-laki dapat ditarik kembali di bawah kulit yang tebal dan tidak elastis yang panas dan menyakitkan. Kaki gajah juga dapat menyebabkan penebalan tali spermatika.

Pada wanita, vulva mungkin dipengaruhi oleh kaki gajah. Menumpuk, yang ditutupi oleh kulit menebal dan ulserasi dapat terlihat di antara paha. Aspek penting lainnya adalah bahwa kaki gajah dapat menyebabkan kelenjar getah bening yang membesar di kaki.

Kaki gajah juga dapat disembuhkan dengan pembersihan yang teliti dari area yang terkena dan dalam kasus skrotum kaki gajah, seseorang dapat mencoba perawatan bedah. Namun operasi untuk anggota badan tidak efektif.

Satu juga dapat memerangi kaki gajah dengan kebersihan. Mengenakan sepatu secara konsisten sehingga kaki tidak bersentuhan dengan tanah yang mengiritasi, berendam setiap hari dalam air antiseptik, dan mencuci tangan dan kaki dengan sabun dan air secara teratur. Kaki gajah juga dapat diobati dengan menggunakan perban elastis. Dalam kasus infeksi, seseorang perlu menggunakan antibiotik. Antibiotik yang paling umum digunakan untuk kaki gajah adalah doxycycline, yang dapat mengobati filariasis limfatik secara efektif. Obat lain yang digunakan adalah Antrypol, Ivermectin, Mebendazole dan Levamisole antara lain.

Kaki Gajah dapat melumpuhkan. Terkadang sulit untuk memindahkan bagian tubuh yang terkena, yang berarti itu bisa sulit untuk bekerja. Bahkan mungkin sulit untuk berkeliling di rumah Anda.

Anda mungkin juga khawatir tentang bagaimana kondisi Anda terlihat pada orang lain. Ini dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Jika Anda memiliki kaki gajah dan menginginkan informasi tentang kelompok-kelompok pendukung, tanyakan kepada dokter Anda. Anda juga bisa online untuk mencari sumber yang mungkin bisa membantu.

About The Author