Inilah Bahaya Kecanduan Narkoba Terhadap Kesehatan dan Moral

Bahaya Kecanduan Narkoba gambar 1

Kecanduan narkoba dapat menimbulkan bahaya yang berbeda dalam pengaturan yang berbeda — semuanya dapat mempengaruhi lebih banyak orang daripada hanya pengguna.

Bahaya fisik kepada pengguna diantaranya:
• Menyebabkan ketergantungan terhadap obat.
• Menyebabkan ketergantungan psikologis dan fisik.
• Masalah fisik lainnya, seperti denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, kerusakan paru-paru, dan kejang.

Bahaya lainnya mungkin:
• Kecanduan saat hamil akan membahayakan janin dan bayi yang baru lahir.
• Membahayakan hubungan Anda dengan teman dan keluarga.
• Mengabaikan tanggung jawab pekerjaan.
• Memiliki peningkatan risiko kejahatan.
• Kehilangan hidup Anda.

Bahkan untuk konselor dan dokter profesional, sulit untuk mengidentifikasi titik di mana penggunaan narkoba menyimpang menjadi kecanduan.

Tetapi tidak sulit mengenali kerusakan yang diakibatkan oleh obat kepada seseorang, keluarga, atau komunitas. Bahaya kecanduan narkoba sangat luas, mulai dari individu hingga tingkat nasional. Ketika Anda siap untuk menghadapi kecanduan Anda sendiri, kekhawatiran utama Anda seharusnya adalah bagaimana penyalahgunaan narkoba dapat memengaruhi kehidupan Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda.

Penyebab pasti kecanduan narkoba tetap menjadi misteri, tetapi menurut National Institutes of Health, ada faktor-faktor tertentu yang dapat membuat orang tertentu rentan terhadap kecanduan:

* Mengalami gangguan mental seperti skizofrenia, depresi, atau kecemasan umum
* Rasa rendah harga diri dikombinasikan dengan kecenderungan untuk menanggapi tekanan teman sebaya
* Menyebabkan tingkat stres yang tinggi dari sumber pribadi, profesional atau keuangan
* Paparan lingkungan di mana penggunaan narkoba diterima dan obat-obatan yang tersedia

Pendidikan saja tidak cukup untuk membantu seorang pecandu bersih. Tetapi belajar tentang bahaya narkoba dapat menjadi langkah penting jika Anda berpikir untuk bereksperimen dengan heroin, Ganja atau shabu – atau jika Anda bertanya-tanya apakah Anda siap mencari bantuan untuk kecanduan.

Bahaya Kecanduan Narkoba gambar 2

Fase Kecanduan

Pada saat pengguna narkoba mencapai keadaan kecanduan, dia mungkin berada di luar titik meminta bantuan. Campur tangan oleh orang yang dicintai, pengusaha, pekerja sosial atau penegak hukum mungkin diperlukan untuk menjaga agar pecandu tidak merugikan dirinya sendiri.

Jika Anda berada pada tahap awal penyalahgunaan zat kimia, tidak terlalu cepat untuk mencari perawatan. Anda memiliki kekuatan untuk menghentikan perkembangan ketergantungan narkoba kapan pun Anda siap, selama Anda memiliki dukungan dari seorang profesional kesehatan, seorang konselor kecanduan atau teman yang mendukung.

Kehilangan Kesehatan Anda

Kecanduan narkoba dapat menyebabkan:

* Denyut jantung tidak teratur atau cepat (kokain, Ganja, Shabu- shabu, PCP)
* Kelumpuhan jantung (kokain, Shabu- shabu)
* Penyakit yang ditularkan melalui darah seperti hepatitis atau HIV (obat suntik)
* Tekanan darah tinggi (kokain, Shabu- shabu, PCP)
* Impotensi atau infertilitas (ganja, shabu)
* Masalah belajar dan ingatan (ganja)
* Kerusakan paru-paru (ganja, PCP)
* Depresi pernapasan dan koma (obat penenang, narkotika)

Kecanduan juga menempatkan Anda pada risiko kekerasan, kecelakaan atau cedera yang disebabkan diri sendiri, kecelakaan kendaraan bermotor dan penyakit menular seksual.

Kecanduan dan Kehamilan

Penggunaan narkoba ilegal menimbulkan bahaya serius bagi bayi yang sedang tumbuh. Penggunaan narkoba saat Anda hamil dapat menyebabkan:

* Keguguran
* Bayi Lahir Prematur
* Masalah dengan plasenta
* Berat badan lahir rendah

Dalam kasus yang parah, penggunaan narkoba dapat menyebabkan kematian bayi dan atau ibu. Anda dapat melindungi diri Anda dan bayi Anda dengan mendapatkan pertolongan yang Anda butuhkan untuk memiliki kehamilan yang sehat.

Kehilangan Hubungan Anda

Beberapa bahaya terbesar kecanduan tidak melibatkan cedera, penyakit, atau pembunuhan, tetapi kematian hubungan pribadi yang dekat.

Berdasarkan sifatnya, kecanduan memisahkan pengguna dari orang-orang yang dicintainya, sehingga hubungan pecandu dengan obat lebih diutamakan daripada yang lainnya. Kecanduan bisa menjadi rahasia, terisolasi dan defensif pada tahap awal penyalahgunaan zat. Ketika kecanduan berlangsung, mereka mungkin meninggalkan pernikahan mereka, anak-anak atau kemitraan intim sehingga mereka dapat mengejar penggunaan narkoba tanpa hambatan.

Program perawatan yang komprehensif untuk kecanduan narkoba termasuk konseling keluarga serta terapi dan partisipasi individu dalam kelompok pendukung. Meskipun mungkin untuk memulihkan hubungan yang berharga, prosesnya dapat memakan banyak waktu dan energi emosional. Terapis profesional dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan yang diciptakan oleh kecanduan Anda, sehingga Anda dapat memulai komunikasi yang jujur ​​dengan orang-orang yang Anda cintai.

Kecanduan Obat dan Kejahatan

Bukanlah kebetulan bahwa kejahatan terkait narkoba telah menjadi fokus perhatian di antara lembaga pemerintah Indonesia seperti Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Departemen Kehakiman, dan Lembaga Nasional Penyalahgunaan Narkoba.

Kehilangan Diri Anda

Bahaya terakhir dari kecanduan adalah hilangnya diri. Anda dapat kehilangan diri sendiri dengan menghancurkan kesehatan Anda, dengan merusak integritas Anda, dengan meninggalkan hubungan pribadi Anda dan dengan menyerahkan impian Anda demi narkoba. Banyak pecandu merasa seperti mereka sedang bertempur di antara bagian dari mereka yang ingin pulih dan bagian yang berniat menghancurkan. Sangat sedikit pecandu narkoba yang bertarung sendirian dan menang.

About The Author

Reply