Ini Kiat Memilih Produk Pembersih Wajah Untuk Kulit Berjerawat

Andrygmv.net – Membersihkan wajah merupakan perawatan dasar bagi kulit yang harus dilakukan secara rutin. Pembersih wajah sebaiknya dipilih yang sesuai dengan jenis kulit. Lalu, bagaimana cara memilih pembersih wajah untuk kulit berjerawat?

Perlu diketahui, jerawat umumnya terjadi karena produksi minyak berlebih, sel kulit mati, hingga pori-pori tersumbat.

Jika dibiarkan atau cara membersihkan wajah tidak tepat, akan berisiko membuat jerawat semakin meradang, bahkan bisa merusak barrier kulit semakin dalam.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK mengingatkan untuk lebih selektif dalam memilih produk pembersih wajah, yaitu harus mampu bersihkan wajah dengan baik, tapi sekaligus tidak merusak barrier kulit.

Baca Juga:
Nyesel Baru Tahu, Ini Manfaat Menakjubkan Pakai Pembersih Wajah di Pagi Hari

“Karena barrier rusak jadi gampang jerawat iritasi, alergi, dan tidak membuat kulit rusak, tidak membuat kulit jadi kering,” ujar dr. Arini dalam acara diskusi Nivea Oil Acne Care, Rabu (17/11/2021).

Jika kulit menjadi kering, maka bisa membuat pertahanan barrier kulit jadi melemah, sehingga kuman, bakteri hingga virus bisa lebih mudah masuk ke dalam kulit.

Alhasil, jika bakteri masuk maka terjadi peradangan, hingga iritasi akibat benda asing dan jerawat malah semakin parah.

Ciri dari produk pembersih yang membuat wajah menjadi kering, yaitu apabila setelah membersihkan atau mencuci wajah malah membuat kulit terasa kesat.

“Malah makin kesat rasanya kayak kulit ketarik, itu buat kulit kering. Lalu agar tidak iritasi, jangan pakai produk yang bikin muka cekit, harus nyaman dipakai dan harus suka saat memakainya,” imbuh dr. Arini.

Baca Juga:
7 Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Berikut ini cara merawat wajah berjerawat yang baiknya diterapkan, mengutip Hello Sehat: