Ini 5 Sosok Tokok Indonesia yang Belum Banyak Diketahui

Andrygmv.net – Tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional, agar masyarakat kembali mengenang jasa pahlawan dan lebih mencintai tanah air Indonesia.

Namun di balik peringatan tahunan ini, ada beberapa pahlawan Indonesia yang namanya kurang dikenal. Padahal jasanya sangat besar dalam memperjuangkan hingga mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mengutip Ruang Guru, Rabu (10/11/2021) berikut ini 5 pahlawan Indonesia yang belum dipublikasikan alias pahlawan Indonesia under cover.

1. Malahayati (Lahir di Kesultanan Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam)

Baca Juga:
SEBAR! 10 Kata-kata Inspiratif Selamat Hari Pahlawan 2021

Lukisan Keumalahayati atau Laksamana Malahati di Museum Maritim (Museum Bahari). [Museum Maritim]
Lukisan Keumalahayati atau Laksamana Malahati di Museum Maritim (Museum Bahari). [Museum Maritim]

Perempuan hebat ini merupakan cucu dari putra pendiri Kerajaan Aceh Darussalam yaitu Sultan Ibrahim Ali Mughyat Syah. Pada tahun 1585-1604, Malahayati menjadi Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV.

Kemudian, pada 11 September 1599, Malahayati memimpin sebanyak 2000 pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah syahid) untuk berperang melawan kapal-kapal serta benteng-benteng Belanda.

Beliau juga membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal. Atas keberaniannya, Malahayati mendapat gelar Laksamana.

Atas jasa-jasanya tersebut, pada tanggal 6 November 2017 lalu, Presiden Joko Widodo menganugerahi Gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/TK/Tahun 2017.

2. Tan Malaka (Lahir di Minangkabau, Sumatera Barat)

Baca Juga:
Hari Pahlawan: Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki, Siapa Dia?

Ilustrasi sosok Tan Malaka. [Andrygmv.net / Ema]
Ilustrasi sosok Tan Malaka. [Andrygmv.net / Ema]

Nama lengkapnya adalah Sutan Ibrahim Gelar Datuk Sutan Malaka. Tan Malaka adalah sosok yang cerdas dan perhatiannya terhadap pendidikan kaum pribumi pun sangat tinggi.