Identik Dengan Makanan Tidak Sehat, Ternyata Ini Loh Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Kita sering tidak menyadari akan sejumlah makanan bergizi di sekeliling kita seperti yang bisa kita temui di dalam cokelat. Cokelat sering diidentikkan sebagai makanan yang tidak sehat dan tidak baik, padahal cokelat mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk tubuh manusia.

dark cokelat
Cokelat memiliki rasa manis yang khas, hingga membuat makanan ini hampir dikonsumsi setiap orang di dunia. Sebagian besar kandungan yang terdapat dalam cokelat, terdiri dari berbagai jenis zat seperti berikut :

  • 14% kandungan karbohidrat
  • 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • 31% lemak
  • zat-zat lain, seperti alkanoid (zat yang menyebabkan cokelat terasa pahit)

Sejumlah kandungan zat dalam cokelat yang begitu beragam inilah yang menjadikan cokelat baik dikonsumsi dan juga memberikan dampak baik bagi kesehatan.

Simak beberapa manfaat cokelat bagi tubuh kita:

1. Mengurangi resiko serangan jantung
Senyawa yang terkandng dalam cokelat mampu mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, terutama yang terkandung dalam dark cokelat. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah menjadi lebih lambat terhadap orang yang menderita penyakit jantung mengonsumsi dark cokelat. Ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

2. Mengandung antioksidan yang tinggi dan meningkatkan intelijen
Berdasarkan hasil penelitian cokelat ternyata mengandung flavanol, sejenis flavanoid yang ditemukan pada cokelat. Flavanoid adalah senyawa yang terbentuk secara alamiah dalam makanan nabati dan berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan flavanoid dalam cokelat juga mampu meningkatkan intelijen. Karena kandungan flavanoid ini membantu sirkulasi darah ke otak dengan cara melebarkan pembuluh darah di otak selama 2-3 jam setelah kita mengonsumsinya.

3. Meningkatkan kesehatan mata

manfaat cokelat bagi kesehatan
Dengan mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena aliran darah yang lancar menuju ke retina mata meningkat dengan baik dan membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata kita.

4. Menurunkan berat badan
Cokelat bukan hanya memberikan efek senang akan tetapi juga dapat membantu dalam program diet yang ingin dilakukan. Banyak orang berfikir bahwa cokelat bisa membuat diet mereka gagal dan malah menambah berat badan. Penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang. Cokelat hitam lebih bagus dari cokelat putih, oleh karena itulah cokelat hitam sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan diet.

5. Mencegah kerusakan gigi

manfaat cokelat
Banyak orang beranggapan bahwa dengan memakan cokelat bisa menimbulkan kerusakan pada gigi. Sebenarnya yang membuat kerusakan pada gigi bukan dari cokelatnya tapi dari gula yang terkandung pada cokelat itu sendiri. Jadi tidak masalah bila memakan cokelat asalkan disiplin gosok gigi.

Penelitian telah menemukan bahwa dalam cokelat terdapat zat theobromine yang bisa mencegah kerusakan pada gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, yaitu bakteri yang memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi pada rongga mulut.

6. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Cokelat mengandung senyawa yang berfungsi untuk menenangkan syaraf-syaraf yang tegang. Dengan memakan cokelat membuat perasaan seseorang menjadi lebih rileks, oleh sebab itu dengan memakan cokelat bisa menurunkan tekanan darah. Penelitian membuktikan bahwa dark cokelat mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dan makan dark cokelat secara teratur telah terbukti menurunkan kolesterol LDL sebanyak 10%.

About The Author

Reply