Hyundai Creta Disebut Memenuhi Syarat Diskon PPnBM 100 Persen

Tangerang, CNN Indonesia —

Hyundai Motors Indonesia (HMI) menjelaskan mobil pertama yang mereka produksi di dalam negeri, Creta, memenuhi syarat mendapatkan diskon PPnBM 100 persen yang diberikan pemerintah saat ini untuk spesifikasi mesin di bawah 1.500 cc.

Berdasarkan aturan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120 tahun 2021, diskon PPnBM untuk mobil di bawah 1.500 cc sebesar 100 persen diberikan hingga 31 Desember 2021. Mulai 1 Januari 2022, beban PPnBM akan normal jika tidak ada strategi lain dari pemerintah.

Salah satu syarat krusial untuk mendapatkan PPnBM 100 persen hingga akhir tahun adalah wajib diproduksi lokal dengan local purchase komponen lebih dari 60 persen.

Menurut COO HMID Makmur, Creta memenuhi syarat mobil diskon 100 persen, termasuk soal penggunaan komponen lokal lebih dari 60 persen.

“Itu kan di atas 60 persen kan peraturan pemerintahnya. Kalau yang ini [jumlah kandungan lokal Creta] saya belum bisa menyebutkan dulu tapi yang jelas kita bisa [memenuhi syarat diskon PPnBM 100 persen,” jelas Makmur.

Creta memenuhi syarat, namun sampai sekarang SUV 5-penumpang ini belum didaftarkan ke pemerintah untuk menerima diskon PPnBM 100 persen.

Salah satu alasannya yaitu produksi dengan kode VIN 2021 hanya akan berakhir kurang dari dua bulan lagi. Makmur bilang konsumen bisa rugi jika membeli Creta pada November atau Desember, namun pada Januari nilainya terdepresiasi 10-15 persen.

Makmur memaparkan pihaknya saat ini hanya membuka pemesanan Creta, sedangkan unitnya dijanjikan distribusi ke konsumen pada akhir Januari atau awal Februari.

Makmur berharap pemerintah akan memperpanjang diskon PPnBM hingga 2022 yang diperkirakan bakal diterima Creta.

“Dari sisi [untuk] konsumen iya, dari sisi kami pun mengharapkan iya [diskon PPnBM pada 2022],” ucap Makmur.

Hyundai Creta disokong mesin bensin 1.500 cc bertenaga 115 PS dan torsi 143,8 Nm. Pilihan transmisi ada dua, yakni manual 6-percepatan dan Intelligent Variable Transmission (IVT).

Interiornya tersedia berbagai fitur seperti cooled glove box, ambient mood lamp, panoramic sunroof, dan ventilated seat. Buat pengemudi tersedia layar TFT LCD 10,25 inci, sementara di tengah dasbor ada layar hiburan 8 inci yang terkoneksi ke delapan speaker Bose.

Creta juga tersedia fitur Hyundai Bluelink, yakni sistem untuk menghubungkan ponsel pengemudi dengan mobil. Hyundai Bluelink memiliki banyak guna, di antaranya membuka atau menutup kunci, menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, menyalakan klakson, dan mengetahui lokasi parkir.

Harga Hyundai Creta OTR Jakarta:

1. Active MT Rp279 juta
2. Trend MT Rp299 juta
3. Trend IVT Rp319 juta
4. Style IVT Rp359 juta
5. Prime IVT Rp397,5 juta
6. Prime IVT Two Tone Roof Rp399 juta

(fea/mik)

[Gambas:Video CNN]