Hyundai Berharap Diskon PPnBM Tahun Depan untuk Creta

Tangerang, CNN Indonesia —

Hyundai Motors Indonesia (HMID) berharap pemerintah bakal melanjutkan program diskon PPnBM pada 2022. Pada tahun ini kebijakan itu sudah berlaku sejak Maret dan akan berakhir pada 31 Desember 2021.

Ada dua jenis diskon PPnBM yang diberikan pemerintah, yakni untuk mobil di bawah 1.500 cc dan untuk 1.500 – 2.500 cc. Ada total 29 mobil baru yang mendapatkan insentif ini.

HMID telah menjelaskan Creta, mobil pertama yang diproduksi perusahaan di Indonesia, diklaim memenuhi syarat mendapatkan diskon PPnBM 100 persen yang berlaku saat ini, termasuk soal local purchase komponen minimal 60 persen.

Meski begitu COO HMID Makmur menjelaskan pihaknya tidak mendaftarkan Creta untuk mendapatkan diskon PPnBM 100 persen pada tahun ini.

Salah satu alasan utamanya karena produksi massal baru dimulai pada Januari 2022. Selain itu disebut untuk memberi kesempatan konsumen mendapatkan Creta dengan VIN 2022.

Makmur mengatakan pihaknya berharap pemerintah akan melanjutkan diskon PPnBM pada 2022. Dia juga berharap Creta akan mendapatkan fasilitas ini pada 2022.

“Dari sisi [untuk] konsumen iya, dari sisi kami pun mengharapkan iya [diskon PPnBM pada 2022],” ucap Makmur.

Menurut Makmur ada peluang pemerintah melanjutkan diskon PPnBM pada tahun depan karena kekhawatiran soal lonjakan harga 29 mobil diskon PPnBM pada 1 Januari 2022.

Pada saat itu semua mobil ini dikenakan tarif baru PPnBM berdasarkan emisi yang sudah berlaku untuk semua jenis kendaraan lain mulai Oktober 2021.

Pada akhir September lalu asosiasi perusahaan industri otomotif di dalam negeri, Gaikindo, menjelaskan sudah meminta kepada pemerintah agar penerapan PPnBM emisi dikenakan bertahap bagi 29 mobil yang sudah mendapatkan diskon PPnBM. Harapannya lonjakan harga bisa terukur biar penjualan mobil tak bergejolak.

“Karena kalau sekarang dari [diskon PPnBM] 100 persen tiba-tiba langsung jadi nol pasti akan drastis, konsumen juga akan kaget,” tutup Makmur.

(fea/mik)

[Gambas:Video CNN]