Honda Pasang Target Pemasok Komponen Nol Emisi 2050

Andrygmv.net —

Honda Motor telah menargetkan emisi nol pada semua produk dan aktivitas perusahaannya pada 2050. Kini Honda juga diketahui telah meminta kepada sebagian besar pemasok komponennya agar memangkas emisi empat persen per tahun dibanding level 2019.

Dilansir Nikkei Asia, Honda berupaya mempercepat upaya dekarbonisasi dalam rantai pasokan dan menginginkan pemasoknya bisa mencapai nol emisi pada 2050.

Honda disebut sudah memberi tahu pemasoknya dalam sebuah surat tentang rencananya dan akan mengimplementasi target tahun fiskal 2025. Meski begitu Honda membuka kesempatan jika ada upaya tertentu yang mempercepat dekarbonisasi.

Honda saat ini sedang mempertimbangkan untuk memberikan dukungan, seperti mengirim insinyur dan membantu perumusan rencana. Sebelumnya pada Juni lalu Honda juga telah memberi tahu para bos pemasok suku cadang mobilnya tentang rencana dekarbonisasi.

Honda telah menetapkan target hanya menjual mobil baru ditenagai baterai atau fuel cell pada 2040. Ini sejalan rencana pemerintah Jepang mencapai netralitas karbon pada 2050.

Produsen mobil yang lain juga bergegas melakukan dekarbonisasi pada rantai pasokannya. Misalnya Toyota sudah memberi tahu manufaktur komponen untuk mengurangi emisi karbon mereka 3 persen pada 2021 dibanding 2020.

Begitu juga dengan Nissan Motor yang berencana meminta perusahaan suku cadang mobil mereka memotong sejumlah emisi untuk setiap komponen pada awal tahun depan.

Produsen mobil Jerman, Volkswagen, disebut telah meluncurkan inisiatif yang mewajibkan produsen suku cadang menggunakan sumber energi terbarukan dan mewajibkan melalui kontrak agar beberapa kendaraan listrik diproduksi bisa tanpa menghasilkan emisi.

Industri otomotif semakin berkomitmen mengurangi emisi sepanjang siklus hidup pembuatan baterai kendaraan listrik. Mulai dari pengadaan bahan mentah hingga produksi, penggunaan, dan pembuangan tidak hanya berfokus pada emisi saat mengemudi.

Pasalnya, 70 sampai 80 persen dari semua suku cadang yang digunakan produsen mobil dibeli dari produsen lain. Sedangkan kerja sama dari pemasok ini menjadi sangat penting untuk mempromosikan dekarbonisasi melalui seluruh proses produksi sesuai dengan peraturan yang disebut akan segera berlaku di Eropa.

Komisi Eropa telah mengusulkan agar perusahaan melaporkan emisi karbon mereka untuk seluruh proses mulai dari manufaktur hingga pembuangan mulai Juli 2024. Mereka juga telah mengumumkan rancangan peraturan yang menetapkan batas emisi karbon, mulai Juli 2027.

(TTF/fea)

[Gambas:Video CNN]