Honda Mobilio Juru Kunci Low MPV Oktober 2021

Andrygmv.net —

Penjualan Honda Mobilio belum bangkit pada Oktober dan masih menjadi juru kunci di segmen low MPV. Catatan wholesales 144 unit pada Oktober sudah lebih baik daripada satu unit pada September, namun ini tak berdaya mengangkat posisinya dari paling bawah.

Cerita Mobilio minim penjualan telah dimulai sejak September. Saat itu wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Mobilio cuma satu unit varian RS CVT menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Lalu pada Oktober, wholesales Mobilio naik menjadi 144 unit namun perlu dipahami penjualan ini cuma tercatat pada varian paling bawah yakni S MT.

Angka wholesales Mobilio timpang dari para kompetitornya seperti catatan Mitsubishi Xpander (termasuk Cross) sebanyak 1.882 unit atau terlaris di segmen low MPV.

Posisi kedua ada Toyota Avanza sejumlah 1.701 unit, ini sudah termasuk model Veloz.

Lalu tempat ketiga diisi Daihatsu Xenia dengan 1.151 unit, keempat Wuling Confero 864 unit, kelima Suzuki Ertiga 823 unit, dan keenam Nissan Livina 404 unit.

Mobilio bukan prioritas

Salah satu alasan penjualan Mobilio runtuh sejak September yakni karena produksinya dihentikan imbas masalah kelangkaan chip semikonduktor. Mobilio, Brio, dan generasi lama BR-V menggunakan komponen chip semikonduktor yang sama.

Mobilio bukan prioritas produksi Honda Prospect Motor (HPM) pada bulan itu untuk mengatasi kelangkaan. Fokus produksi dialihkan ke model lain yang lebih laku yakni Brio series.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM sempat mengatakan perusahaan masih terkendala chip, terutama untuk ketiga produk tersebut.

Karena itu Billy mengatakan produksi di pabrik Honda kini diprioritaskan terhadap model dengan permintaan lebih baik yaitu Brio. Sedangkan permintaan Mobilio saat ini hanya berkisar 350 unit-400 unit per bulan.

“Karena back order Honda Brio yang panjang sekali, kami mengutamakan untuk memproduksi Honda Brio terlebih dulu sembari memproduksi Honda Mobilio secara bertahap,” kata Billy.

Berikut daftar penjualan low MPV pada Oktober 2021:

Xpander (termasuk Cross) 1.882 unit
Avanza 1.701 unit
Xenia 1.151 unit
Confero 864 unit
Ertiga 823 unit
Livina 404 unit
Mobilio 144 unit

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]