Hati-Hati! 8 Makanan Penyebab Keguguran Janin

Ibu hamil keguguran janin

Selama kehamilan, mengkonsumsi lebih banyak nutrisi dan vitamin dari makanan merupakan faktor penting bagi wanita hamil. Namun, ada beberapa makanan ibu hamil yang seharusnya tidak pernah makan atau berhati-hati ketika mengkonsumsinya karena mereka tidak hanya tidak sehat tetapi mereka juga dapat menyebabkan keguguran jika wanita hamil makan terlalu banyak.

Wanita hamil harus menghindari makanan tertentu yang menyebabkan keguguran pada awal kehamilan. Makanan yang dapat menyebabkan keguguran tercantum di bawah ini:

1. Nanas

Nanas dapat membuat keguguran janin
Tentunya anda pernah tahu bahwa nanas digunakan sebagai salah satu bahan untuk melunakan daging sebelum dimasak. Konsumsi nanas sebenarnya masih diperbolehkan asalkan tidak terlalu berlebihan atau nanas juga akan melunakan organ dalam janin yang masih teramat rentan secara perlahan.

2. Kepiting

Kepiting dapat membuat keguguran janin
Meskipun kepiting adalah sumber kalsium yang kaya, mereka juga mengandung kadar kolesterol tinggi dan logam berat yang cukup berbahaya. Ini dapat menyebabkan penyusutan rahim, yang menyebabkan perdarahan internal dan kemungkinan keguguran. Oleh karena itu, rasanya yang lezat sekalipun, tetap saja kepiting tidak baik untuk ibu hamil.

3. Biji Wijen

Biji wijen dapat membuat keguguran janin
Wanita hamil mungkin ingin menjauh dari makan biji wijen selama tahap awal kehamilan. Biji wijen bila dikonsumsi bersama dengan madu dapat menyebabkan masalah selama kehamilan. Padahal, wanita hamil mungkin memiliki sedikit biji wijen hitam selama tahap akhir kehamilan karena mereka diyakini bermanfaat untuk mempermudah melahirkan.

4. Telur Mentah

Keguguran janin dapat disebabkan telur mentah
Sama seperti daging ayam, telur mentah juga memiliki potensi yang sangat besar untuk tercemar Bakteri salmonella. Bakteri salmonella dapat menyebabkan masalah seperti keracunan makanan, diare, demam, sakit usus atau bahkan keguguran. Sangat penting untuk memasak telur secara menyeluruh, sampai putih dan kuning telur menjadi padat. Ini membantu membunuh bakteri dan membuatnya aman dikonsumsi.

5. Sayuran yang Tidak Dicuci

Sayuran yang tidak dicuci dapat membuat keguguran janin
Sayuran berdaun hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tapi sayuran mentah atau tidak dicuci mungkin memiliki toxoplasma gondii, parasit umum, yang dapat menyebabkan infeksi parah pada wanita hamil yang disebut toksoplasmosis. Seorang wanita hamil, jika terinfeksi, dapat menularkannya ke anaknya yang belum lahir yang mengarah ke komplikasi yang dapat merugikan kehamilannya. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati mencuci sayuran dengan air bersih yang dapat ditambahkan garam atau di bawah air yang mengalir sebelum mengonsumsinya. Tidak hanya itu saja, wanita hamil juga dianjurkan untuk mencuci semua peralatan masak mereka dengan benar dan memasak sayuran dengan baik sebelum memakannya.

6. Delima

Keguguran janin oleh delima
Mengkonsumsi buah delima baik dalam bentuk jus maupun dikonsumsi secara langsung dapat meningkatkan resiko keguguran apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Kandungan Nutrisi yang ada didalamnya dapat menyebabkan ibu hamil muda konstraksi yang cukup hebat dan disertai kram pada rahim sehingga anda wajib menghindari buah yang satu ini. Anda juga perlu tau bahwa biji buah delima ini lah yang paling berbahaya bagi ibu hamil.

7. Pepaya

Keguguran janin oleh pepaya
Pepaya atau pepaya hijau yang belum matang memiliki komponen yang bertindak sebagai pencahar dan dapat menyebabkan persalinan prematur dan memulai keguguran. Pepaya juga mengandung zat yang berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan embrio. Biji pepaya kaya akan enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang mengakibatkan keguguran.

8. Durian

Keguguran janin oleh durian
Di dalam durian terkandung 2 zat yang pada kadar tertentu dapat memberi efek negatif terhadap kehamilan, yaitu alkohol dan asam arachidonat.
Alkohol dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin. Salah satu akibat yang banyak ditemui adalah berat badan lahir yang rendah.
Asam arachidonat adalah suatu senyawa yang merupakan prekursor alias pencetus pembentukan prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah suatu senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim yang berakibat pada keguguran (pada trimester pertama) atau kelahiran prematur (pada kehamilan di bawah 36 minggu).

Perlu anda ketahui juga bahwa keguguran bukan hanya disebabkan oleh mengkonsumsi makanan tersebut saja, keguguran juga dapat disebabkan oleh faktor lain yang perlu anda waspadai seperti kekurangan asupan nutrisi, Asam Folat, terkena infeksi, faktor gaya hidup yang tidak sehat, juga dapat menyebabkan keguguran.

Bicaralah dengan dokter Anda untuk lebih memahami makanan apa yang menyebabkan keguguran. Jangan mengadministrasikan obat-obatan dan vitamin. Kelebihan vitamin dan mineral sangat buruk untuk kehamilan. Konsultasikan dengan dokter Anda daripada gejala mendiagnosis diri. Hati-hati dan jaga moderasi.

About The Author

Reply