Haringga Sirla Tewas! The Jakmania Berduka

Persib vs Persija

Laga pekan ke-23 Liga 1 2018 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta harus tercoreng dengan tewasnya suporter sekitar Glora Bandung Lautan Api (GBLA) sebelum pertandingan berlangsung. Korban yang bernama Haringga Sirla (23) asal Cengkareng Jakarta Barat, tewas setelah mendapatkan pengeroyokan dari beberapa oknum Bobotoh yang mencurigainya sebagai suporter Persija/ Jakmania.

Aksi pengeroyokan tersebut direkam oleh salah satu suporter yang menyaksikan kejadian tersebut. Anggota Satreskrim yang melaksanakan pengamanan di Area GBLA mengambil video tersebut dan mengamati ciri-ciri para tersangka. Reskrim Polrestabes Bandung akhirnya berhasil mengamankan 6 orang yang diduga sebagai tersangaka dan 1 orang sebagai saksi kunci untuk dimintai keterangannya.

Kejadian yang seakan terus berulang ini juga mencuri perhatian dari beberapa kalangan, termasuk oleh salah satu pemain yang terlibat dalam laga tersebut. Bambang Pamungkas Lewat akun Twitternya menanggapi beberapa postingan netizen yang mengomentari kejadian tersebut.

Sebelum pertandingan Persib vs Persija berlangsung, Bambang Pamungkas (BP) sudah mewanti-wanti agar suporter Jakmania agar tidak ada yang nekat datang ke Bandung demi menghindari adanya kejadian yang tak diinginkan.

Bambang pamungkang 002

“1/2 Bagi seluruh pendukung @Persija_Jkt dimanapun kalian berada, dengan segala hormat tidak perlulah datang ke Bandung. Saksikan saja pertandingan dari layar kaca di Jakarta, jangan lupa selipkan doa agar kami dapat membawa pulang hasil positif ke Ibukota ✊🏻 @JakOnline

Bambang pamungkang 001

“2/2 Karena, “Tidak ada satu kemenangan pun yang sebanding dengan nyawa” #TS3✊🏻 @JakOnline

Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil atau yang sering disapa Kang Emil pun angkat bicara, lewat media sosial instagramnya Kang Emil meminta maaf kepada keluarga korban dan seluruh suporter Persija Jakarta.

Ridwal kamil berduka atas meninggalnya haringga sirla

“Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah. Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija. Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. 5 tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung. Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena merah putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten.”

Banyak yang menyayangkan kejadian tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi pun tidak tinggal diam. Melalui akun twitter resmi miliknya, Imam menyatakan akan meminta keterangan lengkap dari semua pihak yang berkaitan dengan peristiwa ini. Rencananya, Imam akan memanggil seluruh elemen tersebut pada Senin (24/9/2018) pagi WIB. “Pemerintah tak akan tinggal diam jika ada anak muda terus jadi korban hanya karena sepak bola,” tulis Imam.

Menpora berduka atas meninggalnya haringga sirla

About The Author

Reply