Hamil 5 Minggu? Inilah Yang Harus Anda Ketahui

Kehamilan pada usia 5 minggu

Meskipun Anda baru 5 minggu hamil, banyak perubahan sedang terjadi. Plasenta dan awal tali pusat sudah bekerja keras untuk menyalurkan nutrisi penting dari tubuh Anda ke embrio. Oksigen, asam amino, lemak, dan gula semuanya memainkan peran penting dalam perkembangan kesehatan.

Beberapa sel berkembang menjadi tabung saraf, yang akan menjadi tulang belakang dan otak. Mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari adalah cara yang bagus untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda yang sehat.

Jantung sekarang menjadi tabung tunggal dengan beberapa ketukan yang tidak terkoordinasi. Thumps ini akan menjadi lebih teratur setiap minggu. Jika Anda memiliki ultrasound transvaginal pada kehamilan 5 minggu, dokter Anda mungkin dapat mendeteksi kantung kehamilan dengan kantung kuning telur di dalamnya. Denyut jantung itu sendiri dapat dideteksi sekitar minggu ke-6 kehamilan.

Ukuran janin pada kehamilan 5 minggu

Perkembangan janin 5 minggu : Ukuran Janin
Pada perkembangan janin usia 5 minggu, jauh di dalam rahim embrio Anda tumbuh dengan kecepatan yang tinggi. Pada tahap ini, janin sudah berukuran sebesar biji wijen. Pada tahap ini, ukuran janin rata-rata adalah antara 0,05 – 0,10 inci panjang, dan bentuknya mirip dengan kecebong kecil.

5 Minggu Hamil: Gejala yang Anda Alami
– Morning Sickness – Beberapa wanita mulai mengalami morning sickness pada kehamilan 5 minggu. Perasaan yang tidak menyenangkan dan mual bisa terjadi di pagi, sore, atau sepanjang hari, dan banyak wanita juga akan muntah. Jika Anda tidak dapat menyembunyikan apa pun, hubungi dokter Anda untuk menyingkirkan hiperemesis gravidarum, atau HG. Ini adalah bentuk morning sickness yang sangat parah yang sering membutuhkan pemberian cairan IV dan nutrisi.
– Pendarahan ringan atau Spotting – Sangat umum untuk melihat bercak pada kehamilan 5 minggu, tetapi seharusnya tidak lebih dari beberapa tetes darah – bahkan tidak cukup untuk menutupi pantyliner kecil. Jika Anda melihat banyak darah, jika bercak tersebut berlangsung lebih dari dua hari, atau Anda memiliki kekhawatiran apa pun, segera kunjungi dokter.
Kelembutan Payudara – Pada 5 minggu, Minggu ini payudara Anda mungkin akan terasa sakit saat mereka terus meregang dan tumbuh.
– Sering buang air kecil – Kebutuhan untuk menemukan toilet terdekat dapat terjadi kapan saja. Meskipun gejala ini bisa mengganggu, itu benar-benar normal.
– Kelelahan – Jangan kaget jika Anda benar-benar lemas. Tubuh Anda bekerja sepanjang waktu! Tidur siang dan istirahat dapat membantu Anda merasa lebih baik.
– Mood Swings – Selamat bersenang-senang, menangis berikutnya? Perubahan suasana hati bisa menjadi bagian normal dari kehamilan, dan mereka dapat merasa seperti Anda mengalami PMS dalam kondisi terburuknya. Mungkin membantu menemukan beberapa cara untuk mengalihkan perhatian Anda ketika suasana yang tidak menyenangkan mengganggu rutinitas normal Anda.
– Tidak Ada Gejala – Bagaimana jika, pada kehamilan 5 minggu, gejala tidak pernah datang? Tidak biasa bagi wanita untuk merasa benar-benar normal pada tahap ini, atau untuk gejala tertentu untuk datang dan pergi. Adapun perut hamil 5 minggu itu, mungkin tampak tidak berubah, atau mungkin terlihat dan merasa kembung. Jika Anda mengalami morning sickness parah, Anda mungkin akan kehilangan sedikit berat badan selama trimester pertama. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda jika Anda merasa tidak yakin tentang perubahan yang sedang terjadi – atau jika kurangnya gejala apa pun Anda merasa tidak nyaman.
– Ringan sampai tidak ada gejala – Ini tidak biasa bagi wanita untuk merasa benar-benar normal pada tahap ini, atau untuk gejala tertentu untuk datang dan pergi. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda jika kurangnya gejala apa pun membuat Anda merasa tidak nyaman.

Peringatan: Ingat masa ini adalah masa yang sangat rawan, masih ada risiko keguguran yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi aktifitas yang berat atau membutuhkan energi besar dan olahraga yang berat.

About The Author

Reply