Hal yang Terjadi di Bumi Jika Manusia Tak Pernah Ada

Andrygmv.net —

Karya umat manusia dapat dilihat hampir di seluruh bagian Bumi saat ini. Mulai dari gedung pencakar langit yang mendefinisikan kota metropolitan modern hingga piramida dan monumen kuno lainnya di masa lalu. Namun apa jadinya jika Bumi diciptakan tanpa manusia?

Beberapa ilmuwan melukiskan gambaran hutan belantara yang masih asli dan berlimpahnya spesies, dari yang familiar hingga yang tidak begitu familiar.

“Saya pikir itu akan menjadi tempat yang jauh lebih bervegetasi dengan kekayaan hewan, berukuran besar yang tersebar di semua benua kecuali Antartika,” kata Trevor Worthy, ahli paleontologi dan profesor di Flinders University di Australia

Wajah Bumi tanpa manusia

Ia mengatakan dunia tanpa manusia modern mungkin juga berarti bahwa kerabat manusia yang telah punah, seperti Neanderthal, akan tetap ada. Dan tidak diragukan lagi spesies itu juga akan mengubah lanskap Bumi.

Pada 2015, Sören Faurby, dosen senior zoologi di Universitas Gothenburg di Swedia memimpin sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diversity and Distributions. Jurnal itu membahas bahwa tanpa manusia, Bumi sebagian besar akan menyerupai Serengeti modern, ekosistem Afrika yang penuh dengan kehidupan alam.

[Gambas:Video CNN]

Dalam skenario ini, hewan yang mirip dengan yang ditemukan di Serengeti saat ini termasuk gajah, badak, dan singa, akan hidup di seluruh Eropa.

Sementara itu, Amerika akan menjadi rumah bagi kerabat gajah dan beruang besar, bersama dengan spesies unik, seperti armadillo seukuran mobil yang disebut Glyptodon dan kungkang tanah raksasa.

“Di dunia tanpa manusia, akan ada keragaman mamalia besar yang jauh lebih besar, dan jika Anda melihat keragaman mamalia besar, Anda cenderung melihat habitat yang jauh lebih terbuka,” kata Faurby seperti dikutip Live Science.


Manusia Bikin Kepunahan di Bumi?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA