GoPro Hero 7 Black review: Apa yang baru?

Bintang unggulan baru dari rangkaian action kamera GoPro, Hero 7 Black menggantikan Hero 6 Black yang luar biasa tahun 2017. Kami menggambarkan bahwa kamera sebagai “action kamera terbaik yang dapat Anda beli hari ini” dan dasar-dasarnya di sini tetap sama. Hero 7 Black adalah kamera 4K saku dan tahan air dengan stabilisasi gambar elektronik terkemuka dan berbagai macam aksesoris pemasangan.

GoPro Hero 7 Black

Secara fisik, hampir identik dengan pendahulunya, dengan satu-satunya perbedaan utama adalah cat hitam baru dan mikrofon yang didesain ulang untuk audio yang ditingkatkan. Namun demikian, ada beberapa software-led fitur baru, termasuk meningkatkan sistem stabilisasi gambar yang dinamakan Hypersmooth (yang disebut GoPro sebagai “stabilisasi video kamera terbaik di kamera mana pun”), efek timelapse yang disebut TimeWarp, dan kemampuan untuk streaming video ke situs seperti Facebook melalui smartphone Anda.

GoPro Hero 7 Black – Desain, kontrol dan layar
Hero 7 Black akan terlihat sangat familier bagi siapa pun yang menggunakan dua model Hero unggulan terakhir – mungkin terlalu akrab, jika Anda berharap untuk redesign. Namun, setidaknya GoPro telah berubah warna kali ini, dari abu-abu tradisional menjadi hitam untuk model andalan ini. Satu-satunya perubahan perangkat keras utama lainnya adalah microphone membrane yang didesain ulang, yang dirancang oleh GoPro untuk meningkatkan kualitas suara secara keseluruhan dan mengurangi suara getaran dari momen-momen yang mengguncang seperti bersepeda gunung.

GoPro Hero 7 Black dilengkapi layar sentuh dua inci di bagian belakang, yang sedikit lebih kekuningan dibandingkan dengan layar Hero 6, tetapi sebaliknya cukup terang dan tajam untuk pratinjau cepat bidikan Anda. Dan di sisi Anda akan menemukan tombol-tombol yang biasa dan kadang-kadang membuat frustrasi untuk memulai rekaman dan menyalakan atau mematikannya.

GoPro Hero 7 Black screen

Jika perangkat keras meyakinkan Anda (atau tidak berubah, tergantung pada pengalaman Anda sebelumnya), setidaknya ada beberapa penyesuaian pada menu perangkat lunak Hero 7 Black.

Ada perbaikan yang pasti: tombol ‘klip pendek’ yang baru, yang memungkinkan Anda membatasi rekaman hingga 15 atau 30 detik, sangat berguna jika Anda ingin menyerahkan GoPro Anda kepada orang lain tanpa khawatir bahwa itu akan kembali dengan kartu memori penuh rucksack shots yang tidak disengaja. Dan langkah untuk menggabungkan semua opsi video, termasuk ‘field of view’ dan kontrol manual Protune, dalam satu menu berarti sekarang jauh lebih mudah untuk menyesuaikan pengaturan Anda dengan cepat dan menjadi kreatif.

Pada sisi negatifnya, saya menemukan menu bilah pengaturan hitam terpisah menjadi sedikit lebih jelas di Hero 6 (kanan atas). Dan masih ada beberapa masalah kegunaan yang menjengkelkan: Hero 7 Black kadang-kadang freezes ketika Anda scrubbing melalui rekaman, dan itu sedikit terlalu tertarik untuk beralih ke mode potret (meskipun Anda setidaknya dapat menguncinya untuk tetap berada di lanskap). Kenyataannya adalah bahwa kamera sekecil ini akan selalu menghadirkan beberapa masalah kegunaan – dan Hero 7 Black masih jauh lebih mudah digunakan daripada kamera aksi lainnya yang telah teruji.

Seperti pada Hero 6 Black, ada juga kontrol suara seperti “GoPro, mulai merekam” untuk kontrol hands-free. Meskipun pekerjaan ini relatif dapat diandalkan, saya masih cenderung menggunakannya sebagai cadangan untuk keamanan relatif tombol nyata.

Seperti pada Hero 6 Black, ada juga kontrol suara seperti “GoPro, start recording” untuk kontrol hands-free. Meskipun pekerjaan ini relatif dapat diandalkan, saya masih cenderung menggunakannya sebagai cadangan untuk keamanan relatif tombol nyata.

GoPro Hero 7 Black – Fitur dan kinerja
Fitur terbaru pada Hero 7 Black adalah apa yang disebut GoPro Hypersmooth. Ini adalah versi yang dikuatkan dari electronic image stabilisation (EIS) yang telah kami lihat di Hero 6 Black dan, tidak seperti pendahulunya, sekarang bekerja selama perekaman 4K / 60fps. GoPro mengatakan itu sekarang secara efektif setara virtual dari Karma Grip-nya. Klaim besar memang.

Sebelum kita menyelidiki Hypersmooth, ada empat peningkatan lain dibandingkan dengan Hero 6 Black. ‘TimeWarp’ adalah mode timelapse baru yang mewah yang menggunakan penstabilan yang didorong oleh Hero 7 untuk merekam apa yang disebut GoPro sebagai orang pertama “magic carpet ride”. Fitur gambar diam baru yang disebut SuperPhoto berfungsi sebagai semacam mode ‘super-otomatis’, mengubah pengaturan Anda berdasarkan adegan. Mikrofon kamera telah didesain ulang untuk meningkatkan audio. Dan terakhir, Hero 7 Black dapat live streaming melalui smartphone Anda, awalnya ke Facebook tetapi segera ke situs lain seperti YouTube.

GoPro Hero 7 Black feature mode

Tidak seperti Sony FDR-X3000, tidak ada stabilisasi optik di belakang Hypersmooth – semuanya dilakukan secara elektronik. Ini bekerja dengan memotong gambar Anda dengan lima persen, yang berarti Anda kehilangan tepi tembakan Anda, dengan manfaat adalah bahwa kamera kemudian memiliki ruang gerak untuk melawan getaran yang dirasakan oleh gironya. Bukan berarti Hypersmooth benar-benar sempurna. Meskipun sangat bagus jika Anda kebanyakan merekam rekaman genggam, itu tidak dapat membatalkan semua goyangan.

GoPro Hero 7 Black – Timelapse, audio dan live streaming
Jadi bagaimana dengan fitur baru Hero 7 Black lainnya? Ini mungkin bukan ide baru, tetapi TimeWarp adalah mode pemotretan timelapse baru yang menyenangkan yang telah dijalankan dengan sangat baik.

Video timelapse normal biasanya bekerja paling baik ketika kamera statis dengan semua gerakan yang terjadi di sekitarnya, karena rekaman sebaliknya bisa mendapat sedikit jerky. Tapi kehalusan TimeWarp berarti itu adalah pilihan yang sangat bagus untuk menangkap dan berbagi perjalanan orang pertama yang dipercepat seperti bersepeda.

Jika Anda merekam sesuatu yang lebih menantang seperti pertunjukan langsung dan menginginkan suara kedudukan tertinggi, Anda mungkin masih ingin menggunakan mikrofon directional seperti Rode Videomicro, yang dicolokkan ke port USB-C melalui adaptor 3.5mm. Namun secara keseluruhan, kualitas audio Hero 7 Black built-in adalah bonus besar atas Hero 6 Black.

Terakhir, ada fitur live-streaming baru. Pada beberapa kesempatan saya mencoba ini di Facebook, itu berhasil dengan baik. Anda mengaturnya di aplikasi GoPro, yang memungkinkan Anda memilih siapa yang akan membagikan streaming langsung Anda dengan (publik, teman atau ‘hanya saya’) dan resolusinya (720p atau 480p).

GoPro Hero 7 Black – Kualitas Video dan Gambar
Langsung dari kamera, kualitas video Hero 7 Black sangat bagus. Apakah itu terasa lebih baik daripada Hero 6 Black? Tidak, ada sedikit perbedaan dalam rentang dan warna dinamis, karena menggunakan prosesor, lensa, dan ukuran sensor yang sama. Dan, seperti yang dikatakan GoPro, fokus utamanya adalah meningkatkan stabilisasi video. Jadi jika Anda bertanya-tanya apakah akan meningkatkan dari Hero 6 Black, maka kualitas video saja bukanlah alasan untuk melakukannya.

Untuk benar-benar memaksimalkan Hero 7 Black, Anda akan ingin menggunakan mode ‘Protune’, yang meningkatkan bit-rate video dan memungkinkan Anda mengubah pengaturan seperti rentang ISO, ketajaman, dan kompensasi eksposur. Ini juga memungkinkan Anda memilih antara GoPro’s colour correction or a ‘flat’ profile yang memungkinkan Anda memberi peringkat rekaman setelahnya seperti Adobe Premiere Pro.

Tetapi jika Anda tidak ingin mengomel dengan pengeditan, maka rekaman ‘out of camera’ akan baik-baik saja untuk sebagian besar kebutuhan non-profesional.

GoPro Hero 7 Black Kualitas Video dan Gambar

GoPro Hero 7 Black – Masa pakai baterai
Salah satu kelemahan kecil dari ukuran Hero 7 Black, adalah bahwa ia hanya dapat mengemas baterai yang relatif kecil. Ini memiliki kurang dari setengah kapasitas baterai Apple iPhone XS, sebagai contoh.

Kenyataannya, ini berarti Anda akan mendapatkan sekitar 1 jam video berdurasi 45 menit di 1080p / 30fps, yang setara dengan action kamera. Sangat ketat ketika menyangkut memotret 4K / 60fps – saya hanya mendapatkan 45 menit perekaman berkelanjutan dalam mode ini dari charge, meskipun kamera menjadi tidak dapat digunakan sebagian besar setelah 35 menit karena terlalu panas.

GoPro Hero 7 Black Port usb charger

Ini tidak biasa dan merupakan alasan utama mengapa kamera yang jauh lebih besar sering memiliki batasan 30 menit untuk merekam video 4K mereka. Tapi itu adalah sesuatu yang harus diingat sebelum Anda mulai bermimpi tentang syuting sepanjang hari di 4K yang stabil dengan Hypersmooth.

Ada aksesori yang dapat membantu meskipun – Hero 7 Black mengisi daya melalui USB-C, jadi jika Anda membawa baterai portabel Anda dapat menambahkannya saat berada di lapangan (dibutuhkan sekitar satu jam untuk mengisi ulang).

Kesimpulan
Ini mungkin hanya langkah yang relatif kecil dari pendahulunya, tetapi kualitas video, stabilisasi, kegunaan dan jangkauan mounts Hero 7 Black membuatnya menjadi action cam serba terbaik yang dapat Anda beli.

About The Author

Reply