Generasi Baru Avanza dan Veloz Meluncur, Dijual Mulai Rp206 Juta

Andrygmv.net —

All New Avanza dan All New Veloz meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11). Keduanya menggunakan platform global baru yang mengubahnya menjadi penggerak roda depan (FWD) buat memenuhi perkembangan kebutuhan mobilitas masyarakat di Indonesia.

Avanza pertama kali dirilis pada 2003, lalu generasi keduanya dirilis 2011 bersamaan dengan Veloz. Saat ini Avanza sudah berusia 18 tahun dan sejauh ini telah terjual sebanyak 1,8 juta unit. 

“Hari ini kita memasuki era baru untuk kendaraan MPV bakal mobilitas yang lebih baik,” kata Wakil Presiden Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto secara virtual.




Generasi baru Toyota Avanza meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11/2021).Generasi baru Toyota Avanza meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11/2021). (Toyota Astra Motor)

Avanza dan Veloz baru kali ini hadir dengan berbagai ubahan mulai dari sisi eksterior. Desainnya kini diubah total sehingga tampilan lebih memiliki aura sporty seperti mobil Sport Utility Vehicle (SUV).

Penggunaan platform baru pada mobil ini yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA) juga membuat dimensi mobil menjadi membesar.

Lalu dari sisi interior juga diubah dan ada sejumlah fitur baru, salah satunya paket keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) di varian tertinggi. Sebelumnya fitur-fitur pada TSS sudah lebih dahulu digunakan pada model SUV ringkas Raize.

Toyota kini juga membenamkan transmisi otomatis model CVT menggantikan versi sebelumnya yang masih konvensional.

Sementara itu Toyota juga mengganti sistem penggerak Avanza dan Veloz menjadi ke depan atau FWD. Sejak 2003 Avanza selalu menggunakan penggerak roda belakang atau RWD.

Namun perusahaan kabarnya tidak sepenuhnya meninggalkan versi RWD, sebab sistem teknis tersebut masih akan digunakan pada model Transmover yang ditujukan pada pasar fleet.

Soal harga menurut situs resmi Toyota Indonesia, Avanza baru dijual Rp206,2 juta- Rp264,4 juta, sementara Veloz Rp251,2 juta- Rp291,5 juta.




Toyota Veloz meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11/2021).Toyota Veloz meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11/2021). (Toyota Astra Motor)

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang menambahkan kini pihaknya ikut berkontribusi dalam pembuatan Avanza, khususnya model Veloz. Veloz disebut Warih diproduksi di pabrik Toyota Indonesia di Karawang Plant 2.

“Kami TMMIN bertekad untuk memberikan lebih banyak mobility hapipnes for all kepada konsumen dengan memprofuksi All New Veloz sebagai model line up terbaru,” kata Warih.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]