Fuso Berencana Meluncurkan Truk Listrik di Indonesia

Tangerang, CNN Indonesia —

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) menyatakan sedang mempelajari menjual truk listrik e-Canter di Indonesia. Perusahaan yang dimiliki Daimler AG ini sudah memperkenalkan e-Canter di Jepang, Australia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Hartmut Schick, Head of DTA, President and CEO of MFTBC, mengatakan, mengapresiasi pemerintah Indonesia yang aktif mengejar dan memajukan kebijakan serta roadmap kendaraan listrik.

“Terlebih lagi karena Indonesia adalah salah satu negara penghasil nikel terbesar, ada potensi besar bagi negara ini sebagai pasar dan pusat produksi kendaraan listrik,” kata Hartmut, dalam pidato virtualnya di pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Jumat (12/11).

Hartmut menjelaskan pihaknya ingin berkolaborasi lebih jauh dengan Indonesia.

“Saat ini kami sedang mempercepat studi kelayakan peluncuran e-Canter di Indoensia. Dan sangat berharap dapat segera direalisasikan dalam waktu dekat,” ucap dia.

Mitsubishi Fuso dikatakan mengikuti target Daimler Truck & Buses yang dikatakan hanya menawarkan kendaraan baru bebas CO2 mulai 2039 di Jepang, Eropa, dan Amerika Utara.

“Kami Mitsubishi Fuso, mengikuti target global Daimler, dan telah berkontribusi sebagai perusahaan pertama di dunia yang mengembangkan truk listrik e-Canter,” ucap Hartmut.

Dia juga menguraikan Mitsubishi Fuso, selain mengembangkan kendaraan niaga listrik, juga mengembangkan truk berbasis teknologi fuel cell yang memanfaatkan hidrogen.

[Gambas:Video CNN]

(fea/mik)

[Gambas:Video CNN]