Daftar Oleh-Oleh khas Surabaya, Wajib Dibawa Pulang biar Nggak Menyesal

Andrygmv.net – Sudah pernah berkunjung ke Surabaya? Jika sudah, oleh-oleh khas Surabaya apa saja yang kemudian kamu bawa pulang?

Salah satu hal yang bikin takjub di Surabaya adalah keberagaman makanannya. Tak dapat dipungkiri, kekayaan kuliner Surabaya tumpah ruah, dari jalanan sampai restoran mewah. Tidak sedikit pula yang oleh oleh khas Surabaya bisa kamu bawa pulang sebagai souvenir.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh yang wajib kamu beli kalau mengunjungi Surabaya.

Siropen Telasih

Baca Juga:
5 Oleh-Oleh Khas Bogor Terpopuler, Kue Lapis sampai Kacang Bogor Istana

Siropen Telasih oleh-oleh khas Surabaya (tangkapan layar instagram hastag #siropentelasih)
Siropen Telasih oleh-oleh khas Surabaya (tangkapan layar instagram hastag #siropentelasih)

Siropen Telasih merupakan salah satu sirup khas Surabaya yang dibangun oleh JC Van Drongelen. JC Van Drongelen adalah seorang warga Belanda asli yang membuat sirup ini pada tahun 1923 silam.

Pabrik sirup Siropen menjadi pabrik sirup pertama yang ada di Indonesia. Selain rasanya yang khas, sirup ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang merupakan jenis jajanan basah yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, Kue Bikang Peneleh merupakan bikang yang paling terkenal.

Hingga saat ini, kue Bikang masih menjadi makanan favorit warga Surabaya sehingga tidak salah jika kamu membawanya sebagai oleh oleh khas Surabaya.

Baca Juga:
Tak Cuma Peuyeum, Daftar Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Dibawa Pulang

Kerupuk Ikan Kenjeran

Melihat hasil laut yang berlimpah dari Pantai Kenjeran, membuat masyarakat memanfaatkannya menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati bersama. Salah satu hasil kreativitasnya adalah kerupuk berbahan seafood. Jika kamu melewati Pantai Kenjeran, dari jarak yang jauh saja pasti sudah tercium aroma khas kerupuk ikan ini.

Kerupuk ikan ini bisa menjadi oleh oleh khas Surabaya, yang gurih dan nikmat. Kerupuk ini dijual dalam dua jenis, yaitu siap makan dan juga mentah. Jika kamu ingin memasaknya sendiri, membeli kerupuk jenis mentah tentu menjadi pilihan terbaik.

Jenang dan Sirup Mangrove

Oleh-oleh khas Surabaya selanjutnya adalah jenang dan sirup mangrove. Jika biasanya kamu menemukan pohon mangrove hanya sebagai objek wisata menarik, kali ini kamu bisa menikmati olahan mangrove menjadi jenang dan sirup.

Jenang mangrove berwarna coklat, dengan tekstur yang kenyal dan rasanya legit. Sedangkan untuk sirupnya memiliki rasa yang sangat unik, yaitu asam manis. Sirup mangrove ini sangat pas dijadikan sebagai campuran minuman dingin.

Belinjo Udang

Belinjo Udang atau Blidang tidak memiliki rasa pahit karena melinjo yang digunakan telah dicampur dengan udang asli dan juga rempah-rempah pilihan. Jika umumnya emping memiliki rasa pahit, Blidang justru memiliki cita rasa yang manis.

Sebenarnya masih ada banyak sekali daftar oleh oleh khas Surabaya yang bisa dibawa pulang. Namun, kelima rekomendasi yang telah disebutkan di atas bisa jadi pilihan terbaik.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama