Daftar Makanan Penyebab Asam Urat yang Wajib Dihindari

Andrygmv.net – Seiring bertambahnya usia, pola hidup yang kurang sehat, dan makanan yang kurang terkontrol, resiko kesehatan juga akan turut meningkat. Asam urat misalnya, jadi salah satu resiko kesehatan yang senantiasa mengintai. Kali ini, mari kita bahas makanan penyebab asam urat atau pemicunya.

Kami akan sebutkan beberapa makanan yang bisa memicu atau menjadi penyebab asam urat, namun agar seimbang, kami juga cantumkan beberapa makanan lain yang bisa jadi membantu pencegahan dan penyembuhannya.

Makanan Penyebab Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh ginjal yang tak lagi mampu menghilangkan asam urat yang ada di tubuh secara efisien. Tentu saja, berbagai kandungan dalam makanan ini bisa jadi pemicu tidak efisiennya kerja ginjal, atau terlalu beratnya kerja ginjal ini.

Baca Juga:
Mengerikan, Seperempat Populasi Masyarakat di Wilayah Menderita Diabetes

  1. Jeroan
  2. Alkohol
  3. Roti manis
  4. Otak
  5. Ginjal sapi
  6. Hati
  7. Daging rusa
  8. Kalkun
  9. Ikan sarden
  10. Ikan teriKerang

Dan bahkan beberapa makanan sayur seperti :

  1. Kacang-kacangan
  2. Bayam
  3. Daun pepaya
  4. Jagung
  5. Seledri
  6. Wortel

Ketika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu naiknya kadar asam urat dan gagal dikeluarkan oleh tubuh.

Makanan-makanan ini mengandung zat yang disebut Purin, yang sebenarnya diolah oleh tubuh jadi asam urat dan menjalankan fungsi antioksidan dan neuroprotektif. Tapi dalam kadar berlebih, hal ini tentu tak akan berdampak baik.

Makanan pencegah asam urat dan bermanfaat untuk pemulihan

  • Buah dengan Kandungan Vitamin C

Buah dengan kandungan Vitamin C dapat membantu mencegah penumpukan sisa metabolisme yang menempel di persendian yang memicu asam urat. Buah ini seperti jambu biji, jeruk, pepaya, semangka, tomat, dan kiwi.

Baca Juga:
Tidur Seharian Bukan Termasuk Self-Care, Begini Penjelasan Ahli Kesehatan!

Selain buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi, sayuran kaya serat juga akan jadi opsi menarik untuk Anda. Hampir semua jenis sayuran bisa dikonsumsi, selama kandungan Purin di dalamnya tak terlalu banyak.

Ternyata salah satu manfaat kopi hitam adalah bisa membantu memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh, serta membantu menjaga kesehatan fungsi jantung dan organ tubuh lain. Untuk air putih sendiri, sebenarnya merupakan dasar asupan cairan yang wajib dipenuhi setiap hari guna menjaga kebersihan ginjal, meningkatkan fungsi hati, dan kinerja metabolisme tubuh secara optimal.

Itu tadi, sedikit penjelasan mengenai makanan penyebab asam urat dan opsi makanan untuk membantu mencegah atau meringankannya. Semoga berguna, dan selamat menjalankan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian