Daftar Calon Mobil Terbaik Eropa 2022

Andrygmv.net —

Ajang penghargaan European Car of the Year (ECOTY) 2022 segera dimulai. Sebanyak 39 mobil menjadi kandidat dalam pemilihan mobil terbaik di Eropa.

Semua kendaraan yang masuk sebagai kandidat merupakan model baru yang saat ini masih dijual atau sebelum akhir 2021 di Eropa.

Juri dari ECOTY 2022 nantinya akan memberikan penilaian untuk selanjutnya dipilih tujuh nominasi terbaik yang akan diumumkan pada 29 November mendatang. Setelah itu pemenang akan dipilih melalui hasil polling atau pemungutan suara yang hasilnya akan diumumkan pada Februari 2022.

Dari puluhan mobil yang masuk sebagai kandidat, BMW menjadi produsen yang modelnya paling banyak terdaftar. Empat model BMW yang masuk sebagai kandidat yakni G42 2 Series Coupe dan U06 2 Series Active Tourer.

Acara ini juga diikuti BMW i4 dan iX sebagai model mobil listrik. Sementara itu, Volkswagen memiliki tiga dalam daftar kandidat yakni ID.4, Caddy, dan T7 Multivan.

Selain itu, Mercedes-Benz dan Renault juga memiliki tiga model yang masuk sebagai kandidat di ECOTY 2022, meskipun yang ketiga untuk masing-masing pada dasarnya adalah platform sama yang menghasilkan dua model terpisah.

Tristar memiliki W206 C-Class, EQS dan T-Class, sementara Renault memiliki Arkana, Megane E-Tech dan Kangoo, kembaran T-Class.

Di sisi lain, Audi masuk dalam daftar lewat model Q4 E-tron/Q4 E-tron Sportback dan E-tron GT/RS E-tron GT, DS Automobiles (DS 4 dan DS 9), Hyundai (Bayon dan Ioniq 5), MG (EHS dan Marvel R), Skoda (Fabia dan Enyaq iV) dan Toyota (Yaris Cross dan Highlander).

Pada 2021, pemenang European Car of the Year adalah Toyota Yaris yang finis di depan Fiat 500 dan Cupra Formentor.

Daftar lengkap nominasi European Car of the Year (ECOTY) 2022:

Aiways U5
Audi Q4 E-tron/Q4 E-tron Sportback
Audi E-tron GT/RS E-tron GT
BMW 2 Series Coupe
BMW 2 Series Active Tourer
BMW i4
BMW iX 8
Cupra Born
Dacia Spring
DS 4
DS 9
Ford Mustang Mach-E
Honda HR-V
Hyundai Bayon
Hyundai Ioniq 5
Kia EV6
Lexus NX
Lynk&Co 01
Maserati MC20
McLaren Artura
Mercedes-Benz C Class
Mercedes-Benz EQS
Mercedes-Benz T Class / Renault Kangoo
MG EHS
MG Marvel R
Nissan Qashqai
Opel Mokka
Peugeot 308
Renault Arkana
Renault Mégane E-Tech
Skoda Fabia
Skoda Enyaq iV
Subaru Outback
Tesla Model Y
Toyota Yaris Cross
Toyota Highlander
Volkswagen ID.4
Volkswagen Caddy
Volkswagen T7 Multivan

(TTF/mik)

[Gambas:Video CNN]