Cara Mengobati Iritasi Akibat Mencukur Kumis dan Janggut

Andrygmv.net – Cara mengobati iritasi akibat mencukur kumis dan janggut. Beberapa lelaki merasa tidak nyaman dengan kumis dan janggut yang tumbuh di wajah.

Untuk itu, mereka memilih mencukur kumis dan janggut. Hanya saja, tindakan itu kerap meninggalkan efek tak nyaman di kulit. Misalnya kulit kemerahan, kering, dan juga gatal.

Bagi beberapa orang yang beruntung, efek iritasi pasca-bercukur hanya terjadi pada hari kedua dan ketiga. Biasanya, ini ditandai dengan benjolan seperti jerawat, atau luka bakar yang disebabkan oleh pisau cukur.

Jika iritasi ini mengganggu, berikut lima cara untuk mengatasi iritasi akibat mencukur seperti yang dilansir dari Times of India. Simak ulasannya!

Baca Juga:
10 Tahun Tak Cukur Bulu Ketiak, Perempuan Ini Pamerkan Penampakannya

Ilustrasi pria berjenggot. (Pexels/Cottonbro)
Ilustrasi cukur pria berjanggut. (Pexels/Cottonbro)

1. Persiapkan diri sebelum bercukur
Salah satu cara untuk menghindari iritasi kulit adalah dengan mempersiapkan kulit setidaknya 6-12 jam sebelum bercukur. Gunakan pelembap padat atau gel lidah buaya untuk memastikan kulit tetap lembap dan terhidrasi.

2. Potong kumis atau janggut panjang
Jika Anda menggunakan pisau cukur, disarankan potong bagian kumis atau janggut yang lebih panjang dulu. Sebab jika tidak dilakukan, ini akan menyebabkan kulit Anda menjadi iritasi.

3. Gunakan krim cukur yang tepat
Sebelum mencukur kumis dan janggut, sebaiknya gunakan krim cukur yang tepat. Jangan gunakan gel mandi atau sabun. Sebelum itu, Anda perlu melihat krim cukur yang sesuai dengan jenis kulit.

4. Jangan digaruk jika gatal
Usai mencukur dan kemudian kulit terasa gatal, sebaiknya jangan digaruk. Biarkan kulit bernafas sejenak setelah dicukur. Ini dilakukan guna menghindari dari gatal di kulit yang semakin parah.

5. Berikan gel untuk menenangkan kulit yang teriritasi
Saat mengalami iritasi setelah cukur, sebaiknya gunakan gel lidah buaya atau lotion di bagian kulit kumis dan janggut. Dengan menggunakan gel, hal ini akan membantu menenangkan kulit Anda.

Baca Juga:
Pakar Ungkap Cara Dapatkan Tampilan Cantik Natural Tanpa Kosmetik, Bagaimana Ya?

Demikian informasi tentang cara mengobati iritasi akibat mencukur kumis dan janggut. Semoga informasi ini bermanfaat.