Cara Menggunakan Diffuser Essensial Oil untuk Bayi Lengkap dengan Takarannya

Andrygmv.net – Penggunaan diffuser essensial oil tengah menjadi tren di masyarakat usia dewasa muda hingga lansia. Namun pertanyaanya, bisakah diffuser digunakan untuk anak bayi?

Dijelaskan Brand Manager Bonnels, Cicilia Elisabeth, selama mengandung bahan alami 100 persen, maka diffuser essensial oil bisa digunakan di rumah atau ruangan yang memiliki bayi.

Hanya saja, penggunaan diffuser essensial oil untuk dewasa dan bayi memiliki takaran yang berbeda.

“Kalau untuk bayi karena masih kecil, jadi new born disarankan satu tetes saja,” ujar Cicilia ditemui Andrygmv.net beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca Juga:
5 Tahun Kasus Disimpan akhirnya Terbongkar, 12 Santri Diperkosa Hingga Melahirkan 8 Bayi

Ilustrasi Air Diffuser. (Elements Envanto)
Ilustrasi Air Diffuser. (Elements Envanto)

Cicilia menjelaskan, satu tetes essensial oil pure bahan natural nantinya dicampur ke dalam 100 mililiter (ml) air yang sudah dituang ke dalam alat diffuser.

Takaran itu berlaku untuk bayi di bawah 1 tahun. Tapi untuk bayi di atas 1 tahun sudah bisa menggunakan 3 hingga 6 tetes essensial oil per 100 ml air dalam diffuser.

Selanjutnya, kata Cicilia, untuk bayi juga perlu diperhatikan jarak antara alat diffuser dengan tempat tidur si bayi.

“Minimal jaraknya sih harus satu meter,” jelas Cicilia.

Sementara itu, mengutip Alodokter Essensial Oil memiliki beragam manfaat, seperti aroma peppermint yang bisa mengatasi masalah pencernaan.

Baca Juga:
Bantu Pasutri Miliki Buah Hati, OMDC Healthcare dan Morula Luncurkan Klinik Fertilitas

Ini karena minyak esensial peppermint mengandung senyawa yang bisa menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut.

Lalu ada juga essensial oil lemon, dengan aromanya yang menyegarkan membuat suasana hati kembali ceria dan fesh, serta ampuh memperbaiki suasana hati dan mencegah gejala depresi.

Untuk essensial oil lavender punya banyak manfaat yang serbaguna. Minyak esensial lavender dapat memberikan efek menenangkan dengan mengurangi kadar hormon stres kortisol dalam darah.