Cara Mencari Masjid Terdekat dengan Google Maps secara Cepat

Andrygmv.net

Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang memudahkan aktivitas penggunanya. Tidak hanya untuk mencari restoran atau ATM, Google Maps pun bisa memberikan informasi masjid di sekitar lokasi Anda berada.

Cara mencari masjid terdekat dengan Google Maps pun sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan cepat bahkan kurang dari satu menit. Hal ini akan sangat membantu jika Anda tengah dalam perjalanan jauh dan waktu salat sudah dekat.

Di dalam aplikasi tersebut, tidak hanya rute yang akan dapatkan, tetapi juga foto lokasi, jam buka masjid, jarak yang akurat, hingga ulasan dari pengguna yang pernah mendatangi masjid tersebut.

Cara Mencari Masjid Terdekat dengan Google Maps




Suasana Masjid Terapung Amirul Mukminin di Anjungan Pantai Losari yang telah ditutup untuk umum saat matahari tenggelam di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (17/4/2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam percepatan penanganan COVID-19 di Kota Makassar akan diterapkan pada Jumat (24/4/2020) mendatang. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.Cara mencari masjid terdekat dengan Google Maps secara cepat. (Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Berikut ini cara mencari masjid terdekat dengan Google Maps secara cepat.

  1. Buka aplikasi Google Maps dengan update terbaru dan pastikan GPS Anda aktif
  2. Di kolom pencarian ketik “masjid”. Setelah itu, Google akan merekomendasikan sejumlah nama masjid beserta jarak tempuh dari lokasi Anda
  3. Jika ingin informasi lebih detail, Anda tinggal mengeklik kata “masjid” dari berbagai nama masjid yang disarankan
  4. Di bawah kolom pencarian akan muncul beberapa filter yang ditawarkan Google, mulai dari Relevansi atau Jarak, Buka Sekarang, Rating Tertinggi dan filter lainnya. Namun, tanpa mengubah filter pun, Anda sudah otomatis menerima informasi masjid yang terdekat di bagian bawah filter tersebut.
  5. Google akan mengurutkan masjid terdekat sampai terjauh dari lokasi Anda. Selain itu, ditampilkan pula nama masjid, foto masjid, rating ulasan, jarak, rute, dan pilihan untuk membagikan lokasi masjid kepada orang lain.
  6. Jika sudah memilih lokasi masjid terdekat, klik “Rute”;
  7. Google akan menampilkan peta rute yang harus Anda tempuh beserta jarak dan waktu perkiraan Anda tiba di masjid tersebut. Lokasi Anda berada akan ditandai dengan lambang orang, sementara lokasi tujuan ditandai dengan titik berwarna merah.
  8. Langkah selanjutnya klik “Mulai”
  9. Jika titik Anda berada sudah berubah menjadi warna panah, Anda tinggal mengikuti garis biru untuk sampai ke lokasi.
  10. Setelah sampai, akan ada pemberitahuan bahwa masjid berada di kanan atau kiri Anda. Setelah itu klik “Selesai” untuk mematikan aplikasi Maps.

Selain melalui aplikasi Maps, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Google Assistant untuk lebih cepat mengakses lokasi masjid. Berikut ini cara penggunaannya.

  1. Pertama, di layar ponsel yang menyala katakan “Oke, Google”. Akan muncul tulisan di layar, “Hai, ada yang bisa saya bantu?”
  2. Cukup ucapkan, “Masjid”. Google Assistant otomatis akan menjawab, “Saya menemukan beberapa masjid di dekat Anda.”
  3. Setelah itu, dimunculkan titik-titik merah berlambang bulan dan bintang di peta yang merupakan lokasi masjid yang direkomendasikan Google. Di bagian bawahnya disertakan nama masjid beserta nama jalannya, rating, jarak, dan nomor telepon jika tersedia.
  4. Selanjutnya, Anda cukup mengeklik rekomendasi masjid terdekat tersebut. Akan ditampilkan foto masjid tersebut beserta rutenya. Anda hanya perlu mengeklik kata “Rute”, Google Assistant pun akan menunjukkan jarak tempuh dan rute yang harus Anda lalui.
  5. Kemudian klik “Mulai” dan Anda tinggal mengikuti garis biru hingga sampai di masjid yang Anda tuju.
  6. Jika garis biru tersebut berubah menjadi oranye, berarti di lokasi tersebut sedang terjadi kepadatan kendaraan. Anda dapat memilih rute lain dengan mengeklik tanda panah bercabang di kanan bawah untuk memilih jalan alternatif.
  7. Setelah itu, klik jalan yang direkomendasikan Google hingga warnanya berubah menjadi biru. Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke masjid tujuan.

Demikian cara mencari masjid terdekat dengan Google Maps secara cepat.

(nfl)

[Gambas:Video CNN]