Cara Install Windows 11 di PC/Laptop yang Tidak Mendukung

Andrygmv.net —

Windows 11 dapat diinstall pada perangkat yang sebenarnya tidak mendukung. Hanya saja pengguna diharuskan untuk melewati pemeriksaan persyaratan keamanan dan perangkat keras pada operating system (OS) ini.

Semenjak resmi diluncurkan 5 Oktober lalu, Microsoft mengatakan bahwa Windows 11 merupakan OS Windows yang paling aman.

Windows 11 dapat di-upgrade secara gratis, tetapi upgrade gratis tersedia untuk perangkat yang jauh lebih sedikit daripada upgrade gratis Windows 10. Microsoft telah membuat kriteria kelayakan untuk Windows jauh lebih ketat pada OS ini.

Sebelum menginstall Windows 11 pada perangkat yang tidak mendukung, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Microsoft memiliki support page yang merinci tentang menginstal Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung.

Pertama-tama, ada kemungkinan masalah kompatibilitas. Windows 11 masih sangat awal dan belum cukup diuji untuk menentukan apakah akan ada masalah kompatibilitas yang melumpuhkan jika Anda menjalankannya pada perangkat keras yang tidak didukung.

Perangkat Anda mungkin tidak berfungsi karena kompatibilitas ini atau masalah lainnya. Perangkat yang tidak memenuhi persyaratan sistem ini tidak lagi dijamin untuk menerima pembaruan, termasuk pada pembaruan keamanan, seperti dilansir dari laman resmi Microsoft.

Dengan demikian, Windows 11 tetap bisa diaplikasikan untuk perangkat yang tidak support. Namun pada dasarnya pengguna akan kehilangan beberapa daya tarik keamanan yang dijanjikan Microsoft.Berikut cara menginstal Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung:

Cara install Windows 11 pada PC/laptop yang tidak mendukung

Sebagai catatan, metode di bawah ini bekerja dengan memodifikasi Windows 11 ISO untuk menghapus pemeriksaan keamanan.

Microsoft tidak menyarankan Anda melakukan ini. Cara ini berisiko membuat sistem Anda tidak dapat dioperasikan, jadi pastikan Anda memiliki cadangan, dan telah memahami risiko tersebut.

Dilansir dari Android Authority, Microsoft memiliki Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC, yang harus Anda unduh dan jalankan.

Aplikasi akan mengkonfirmasi apakah sistem Anda tidak kompatibel dengan Windows 11, dan mencantumkan komponen yang bertanggung jawab atas ketidaklayakan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa jenis sistem boot Anda di Windows.

Simak langkah-langkahnya di halaman berikutnya..


Langkah-langkah Install Windows 11 untuk PC/Laptop Tidak Support

BACA HALAMAN BERIKUTNYA