Cara Aktifkan Fitur Chat WhatsApp Hilang Sendiri

Andrygmv.net —

Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki fitur yang dapat menghilangkan pesan atau chat secara otomatis dari ruang chat. Chat dalam ruang tersebut akan hilang dalam waktu 7 hari sejak pesan tersebut dikirim atau diterima.

Sebelumnya fitur Dissapearing Messages atau pesan sementara hanya ada di beberapa aplikasi pesan instan, seperti Signal. Namun sejak November tahun lalu, Whatsapp menghadirkan fitur ini bagi penggunanya.

Fitur pesan hilang sendiri bisa digunakan di chat pribadi maupun grup. Namun khusus chat di grup, admin dari grup tersebut dapat mengatur agar admin menjadi satu-satunya yang bisa mengaktifkan fitur ini.

Kemudian pesan yang ada di ruang chat akan menghilang setelah tujuh hari berada di sana. Untuk saat ini pengaturan untuk waktu tersebut belum tersedia, tapi mungkin Whatsapp akan menambahkan pengaturan ini seperti pada aplikasi Signal.

Pesan yang diterima atau dikirim sebelum aktivasi fitur pesan sementara tidak akan terpengaruh, sehingga pengguna masih bisa melihat pesan tersebut.

Penggunaan fitur pesan sementara memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna, seperti pratinjau pesan, jawaban, tangkapan layar, dan backup pesan.

Dilansir dari Pocket-lint, pratinjau atau preview pesan masih akan muncul di bagian notifikasi meskipun pengguna tidak membuka aplikasi WhatsApp lebih dari tujuh hari. Namun pratinjau tersebut akan menghilang ketika pengguna membuka aplikasi.

Kemudian jika pengguna membalas sebuah pesan, pesan yang dibalas masih mungkin muncul di ruang obrolan setelah periode tujuh hari.

Lalu jika pesan sementara dilanjutkan ke ruang chat lain yang tidak mengaktifkan fitur ini, maka pesan tersebut tidak akan menghilang dan akan tetap terlihat layaknya pesan biasa.

Soal backup chat, jika pengguna melakukan backup sebelum pesan sementara menghilang, pesan yang dibackup akan termasuk pesan tersebut. Namun, pesan-pesan sementara tersebut akan menghilang saat pengguna melakukan pemulihan backup.

Pengambilan tangkapan layar atau screenshot dan penyimpanan foto pada pesan sementara masih dapat dilakukan selama pesan tersebut belum menghilang.

Dilansir dari situs resmi WhatsApp, secara otomatis pesan foto yang diterima di WhatsApp akan disimpan secara otomatis ke media penyimpanan.

Jika fitur pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di ruang obrolan akan hilang. Namun, media akan disimpan pada telepon jika setelan unduh otomatis menyala.

Untuk mematikan setelan tersebut, pengguna dapat membuka Setelan WhatsApp > Penyimpanan dan data.

Cara aktifkan pesan WhatsApp yang hilang sendiri

Kemudian untuk menyalakan fitur pesan sementara, pengguna dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Buka ruang chat pribadi atau grup
  3. Klik pada nama kontak atau nama grup di bagian atas
  4. Pilih Disappering Messages
  5. Pilih On

Cara yang sama juga bisa dilakukan pada aplikasi Whatsapp Web dan Whatsapp Desktop di perangkat PC.

(lnn)

[Gambas:Video CNN]