Cara Agar Tidak Dimasukkan Grup Telegram Otomatis

Andrygmv.net —

Pengguna aplikasi Telegram kerap masuk ke dalam sebuah grup tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kerap terjadi, grup tersebut merupakan grup berjualan atau spam.

Pengguna bisa menghindari hal tersebut. Berikut cara agar tidak dimasukkan ke grup Telegram secara otomatis.

Hal ini bisa kadang membuat pengguna kesal, terutama ketika tidak tertarik pada isi dari percakapan di dalam grup tersebut. Untuk menghentikan ini sejak awal, pengguna dapat mencegah orang acak memasukkan ke dalam grup.

Telegram beroperasi dengan nama pengguna dan nomor telepon, membuat pengguna lebih rentan terhadap grup spam.

Ini berbeda dengan WhatsApp yang hanya berbasis nomor telepon dan membatasi penambahan ke grup untuk orang-orang yang memiliki Anda sebagai kontak mereka.

Secara default, setiap pengguna Telegram dapat ditambahkan ke grup tanpa persetujuan mereka. Untuk mencegahnya terjadi di waktu yang akan datang, Anda harus mengubah pengaturan akun Telegram Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda tidak diasukkan ke dalam grup Telegram secara otomatis. Berikut caranya seperti dilansir dari Dignited:

Cara mencegah masuk grup telegram otomatis

Tentu banyak grup membuat notifikasi semakin menumpuk. Apalagi jika grup tersebut tidak jelas dan anda tidak kenal bahkan pengguna tidak tau darimana bisa masuk grup tersebut.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencegah orang acak menambahkan ke grup Telegram spam:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Pilih Setting di sudut kanan bawah
  • Pilih Privacy and Security
  • Pilih Privacy and Channel
  • Ubah ‘Who Can Add Me’ dari ‘Everybody’ ke ‘My Contact’

Beberapa hal juga bisa dilakukan sebagai cara alternatif agar tidak masuk grup Telegram otomatis, berikut di antaranya?

Report spam dan leave group

Telegram telah memiliki fitur untuk mengurangi spam grup dengan mengirimkan atau melaporkan grup yang mengandung spam ke Telegram secara langsung. Jika anda masuk ke Grup Telegram yang tidak jelas sebaiknya langsung melakukan Report Spam atau Leave Group.

Pilihan ini biasanya muncul ketika anda masuk ke grup yang tidak jelas. Cara tersebut juga membantu Telegram mengurangi grup yang berbahaya.

Block kontak yang tak dikenal

Cara lain untuk menghindari masuk grup secara otomatis di Telegram adalah dengan mengenali orang-orang yang ada di dalam grup tersebut. Kemudian Anda dapat memblokir orang-orang yang terus menambahkan Anda ke grup Telegram.

Berikut cara memblokir seseorang di Telegram:

  1. Buka Setting
  2. Pilih Privacy and Security
  3. Pilih Blocked Users
  4. Tambah Blocked User

Itulah sejumlah cara yang bisa digunakan agar pengguna Telegram tidak masuk grup secara otomatis, menghindari informasi-informasi yang tidak diinginkan.

(ttf)

[Gambas:Video CNN]