Canon EOS R – Kamera Mirrorless Full Frame Pertama dari Canon

Hanya masalah waktu sampai Canon bergabung dengan partai dan memasuki pasar mirrorless full-frame. Akhirnya, hari itu telah tiba. Setelah banyak spekulasi dan hype kami dapat mengkonfirmasi bahwa Canon telah secara resmi meluncurkan Canon EOS R baru dan memiliki kamera mirrorless full-frame untuk namanya. Canon EOS R yang serba baru memiliki fitur pemasangan lensa Canon RF baru, dan seperti yang diharapkan, telah dirancang untuk menjadi alternatif yang lebih kecil dan lebih ringan untuk rangkaian lengkap DSLR EOS full-frame.

Canon EOS R

Tidak seperti Nikon yang baru-baru ini memutuskan untuk memulai sistem mirrorless full-frame mereka dengan dua model: Nikon Z7 dan Nikon Z6, Canon telah memilih untuk merilis hanya satu kamera untuk saat ini yang pada awalnya akan didukung oleh empat lensa full-frame mirrorless Canon RF. Canon EOS R 30,3 MP memiliki desain mirip SLR, dengan EVF 3,69 juta titik dan layar sentuh yang diartikulasikan sepenuhnya. Ini berbasis di sekitar pemasangan RF baru dengan diameter internal 54mm, jarak flange 20mm, dan koneksi data 12-pin yang dikatakan Canon memungkinkan pemfokusan lebih cepat dan peningkatan fleksibilitas dalam desain lensa.

Canon EOS R full frame

Spesifikasi headline mencakup pemotretan 8 frame per detik (fps) dengan fokus tetap, atau 5fps dengan pelacakan AF. Tidak kurang dari 5.655 titik fokus dapat dipilih saat menggunakan fungsi AF sentuh-dan-seret, dan Canon mengklaim ‘AF tercepat di dunia’ dalam waktu sesedikit 0,05 detik. Perekaman video 4K juga ditawarkan, meskipun dengan hasil 1.7x.

Bersamaan dengan kamera, Canon mengumumkan empat lensa mount RF. RF 24-105mm f / 4L IS zoom standar dan RF 35mm f / 1.8 IS Makro digabungkan oleh ultra-cepat RF 50mm f / 1.2L dan RF 28-70mm f / 2L zoom. Keempat lensa ini memiliki dial tambahan yang dapat disesuaikan ke arah dari laras yang dapat digunakan untuk mengendalikan aperture, ISO atau kompensasi eksposur.

Canon RF Lens Range

Kamera sepenuhnya kompatibel dengan lensa EF dan EF-S mount SLR, dengan tiga adaptor pemasangan yang berbeda tersedia. Salah satunya termasuk dial kontrol, sementara yang lain mengakomodasi drop-in filter polarisasi dan kepadatan netral. Namun EF-M mount lensa mirrorless APS-C tidak dapat digunakan.

Seperti yang Anda harapkan, Wi-Fi dan Bluetooth sudah terpasang, yang memungkinkan Anda mengontrol kamera dari jarak jauh, dan mentransfer gambar. Bluetooth menawarkan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan hanya mengandalkan Wi-Fi.

Fitur Utama Canon EOS R
– 30.3mp full-frame CMOS sensor
– RF lens mount
– Dual Pixel CMOS AF, -6EV
– Fokus deteksi wajah dengan Eye-AF
– 3.15 inci layar sentuh vari-angle, 2.1m dots
– 3,69 juta dot EVF
– ISO50-ISO102400 (Extended)
– Perekaman video 4K. Output 10-bit, mikrofon stereo
– Mic, soket headphone
– Pemotretan berkelanjutan 8fps (kecepatan dipertahankan untuk gambar 100 JPEG, 47 RAW, 78 C-RAW)
– Pemotretan terus menerus 5fps – dengan AF
– Baterai LP-E6N, 370 baterai yang dapat ditembakkan
– Slot kartu SD tunggal
– USB 3.1 Tipe-C

Untuk harga, Canon EOS R dibanderol 2.299 dollar AS (sekitar Rp 34,5 jutaan) untuk bodi saja atau 3.399 dollar AS (sekitar Rp 51 jutaan) dengan RF 24-105mm.

Kamera mirrorless full frame Canon EOS R sendiri tersedia untuk pre-order dari 12 September 2018 dan tersedia untuk dibeli mulai 9 Oktober 2018.

About The Author

Reply