Bocoran Rumor iPhone 14: Port USB Type-C

Andrygmv.net —

Ponsel Apple iPhone 14 disebut bakal dilengkapi dengan port USB Type-C, mengingat banyaknya perangkat sehari-hari menggunakan USB-C.

Saat ini produk Apple masih berpegang teguh pada port Lightning yang diciptakan eksklusif hanya untuk perangkat gawainya, dari generasi ke generasi.

Meskipun iPhone 13 baru rilis, rumor soal iPhone 14 mulai bertebaran, dan perpindahan ke USB-C adalah salah satu bocoran yang paling menonjol.

Sekarang pengulas LeaksApplePro di iDropNews mengklaim seorang sumber orang dalam, menyebut telah memberi tahu mereka tentang iPhone 14 Pro dengan port USB-C.

Meskipun ada beberapa bocoran terkait penggunaan USB-C pada iPhone 14, terdapat juga desas-desus bahwa iPhone 14 disebut tak memiliki port. Dengan begitu, pengisian day bergantung pada nirkabel MagSafe.

Selain itu diungkap juga iPhone 14 yang akan datang sepertinya akan berbeda jauh dengan seri 14 Pro dan Pro Max. iPhone 14 Pro dan Pro Max disebut bakal memiliki kecepatan transfer lebih tinggi, dan mendukung format video ProRes.

Meskipun ada cukup banyak perbedaan antara iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, sebagian besar melibatkan tampilan dan kamera, iPhone 13 Pro mendapat layar 120Hz dan trio kamera belakang, yang bisa dibilang lebih banyak fitur ‘pro’.

Dikutip dari Toms Guide, perbedaan port antara seri biasa dan pro akan membingungkan pelanggan, dan tidak praktis bagi pengguna iPhone. Selain itu, tentu akan menambah beban produksi.

Dengan demikian, jika Apple memang memasang port USB-C pada iPhone 14, diramalkan hal tersebut akan berlaku di jenis biasa dan jenis pro.

Rumor ini seakan ingin menjawab undang-undang baru Uni Eropa yang bertujuan agar pembuat teknologi mengadopsi pengisian standar pada perangkat mereka untuk mengurangi limbah elektronik dan frustrasi pelanggan pada tahun 2024.

USB-C akan menjadi port logis untuk digunakan. Dengan Apple yang memperjuangkan produksi dan daur ulang yang ramah lingkungan, ada kemungkinan besar Apple akan mengadopsi pengisian USB-C lebih cepat untuk mendahului undang-undang UE.

iPhone 14 Diprediksi Gunakan Wi-Fi 6E yang siap untuk VR dan AR

Pengisian daya via USB-C bukan satu-satunya rumor iPhone 14 yang beredar. Catatan terbaru dari analis Apple Ming-Chi Kuo, mengatakan iPhone berikutnya akan mendukung Wi-Fi 6E.

Ini bukan pertama kalinya Kuo membocorkan fitur ini. Hal tersebut jadi memperkuat rumor bahwa iPhone 14 akan memiliki koneksi nirkabel yang memungkinkan koneksi berkecepatan tinggi.

Koneksi Wi-Fi yang lebih cepat mungkin dinilai tampak menarik, mengingat saat ini sebagian pengguna tidak memiliki masalah dengan kecepatan Wi-Fi pada iPhone.

Tetapi bagian menarik di sini adalah bahwa Wi-Fi 6E konon akan menyediakan transmisi nirkabel cepat yang diperlukan untuk bekerja dengan baik dengan pengalaman augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Dengan mempertimbangkan semua hal di atas, iPhone 14 dapat hadir dengan desain baru, kemampuan baru, dan mungkin penyimpanan diprediksi bakal bisa hingga 2TB.

Dikutip The National News, iPhone 14 diprediksi bakal debut pada September 2022. Kini tinggal menunggu, apakah kedua bocoran itu akan muncul di iPhone 14 atau tidak.

(can/fjr)

[Gambas:Video CNN]